Rabu, 14 Desember 2016

Tujuan Lembaga Keuangan Bank (skripsi dan tesis)


Tujuan dari lembaga keuangan bank dapat terfokus pda tiga sasaran yaitu meksimalisasi imbalan bagi pemegang saham, pertumbuhan pangsa pasara dan keunggulanlayanan bagi pelanggan. Setiap lembaga keuangan bank dapat menetapkan sasaran utamanya yang berbeda satu sama lainnya. Namun dmeikian dapat dipastikan bahwa sasaran meksimalisasi imbalan bagi pemegang saham merupakan tujaun umum sebagaimana tujuan umum pada lembaga bisnis (Rose dan Kolari, 1981).
Untuk mengukur kinerja bank dalam mencapai tujuan maksimalisasi imbaan bagi pemegang saham. Bagi bank atau perusahaan yang berbentuk perseoran  yang saham-sahamnya diperdagangkan secara luas dan aktif maka indikator harga saham merupakan tolok ukur efisiensi dari pencapaian tujuan perusahaan. Artinya semakin tinggi harga saham akan meningkatkan imbalan bagi pemegang saham )Rose, 1995). Namun dmeikian harga sahamdi pasara modal dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Meliputi faktor fundamental interne perusahaan, faktor fundamental ekonomi, faktor-faktor makro lainnya dan faktor sentimen pasar.
Bagi suatu perusahaan atau bank yang saham-sahamnya tidak diperdagangkan secara luas, maka harga saham tidak dapat dijadikan tolok ukur untuk menilai kinerja bank dalam mencapai tujuanpokoknya. Untuk kondisi bank seperti ini, maka dapat dipakai tolok ukur yang lebih umum yaitu rasio-rasio keuangan sebagai proksi untuk mengukur tingkat efisiensi dari investasi yang dilakukan perusahaan (Rose,1995).
Adapun lata utama yang dipakai adalah Return on Investment (ROI) dan Return on Equity (ROE). Kalau ROE mengukur tingkat efisiensi dan investasi yang dilakukan perusahaan, sementara ROE merupakan indikator tingkat efisiensibagi pemegang saham. Dikaitkan dengan tujuan perusahaan untuk memakmurkan para pemegang saham, maka ROE merupakan tolok ukur yang tepat (Rose, Cole, 1995)

Tidak ada komentar: