Selasa, 27 Desember 2016

Validitas Penelitian Kualitatif (skripsi dan tesis)

. Menurut Lincoln dan Guba, tingkat kepercayaan hasil penelitian dapat dicapai jika peneliti berpegang pada 4 prinsip atau kriteria, yaitu: credibility, dependability, confirmability, dan transferability (Danim and Darwis, 2003).
Untuk keabsahan data penelitian ini akan mempergunakan  beberapa cara yaitu: 
1)                Credibility
a.       Memperpanjang masa pengamatan untuk peningkatan derajat kepercayaan data yang dikumpulkan.
b.      Triangulasi, pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan sesuatu yang lain di luar data untuk keperluan pengecekan atau sebagai pembanding terhadap data tersebut.
c.       Peer debriefing (membicarakannya dengan orang lain), yaitu mengekspos hasil sementara atau hasil akhir yang diperoleh dalam bentuk diskusi analitik dengan rekan-rekan sejawat.
2)   Transferabilitas
Transferabilitas yaitu mendiskusikan dengan pakar apakah hasil penelitian ini dapat diterapkan pada situasi yang lain.
a.         Dependability
Prinsip ini dapat dipenuhi dengan cara mempertahankan konsistensi teknik pengumpulan data, dalam menggunakan konsep, dan membuat tafsiran atas fenomena.
b.      Confirmability
Penelitian ini dilakukan dengan membicarakan atau mendiskusikan hasil penelitian dengan orang “Pakar” yang tidak ikut dan tidak berkepentingan dalam penelitian, dengan tujuan agar hasil dapat lebih objektif. Masalah keterpercayaan dan kesahihan (validitas) riset kulitatif telah lama diakui, meskipun masih memunculkan perdebatan. Penelitian dapat meningkatkan keterpercayaan studi longitudinal jika analisis didasarkan semata-mata pada perangkat data yang ada. Menurut Isaac and Michael (1976), data yang dianalisis harus pada jaminan bukti (evidenttiary warrant) dan tidak pada memori. Data yang dihimpun dari wawancara, catatan lapangan observasi partisipan, dan dokumen-dokumen membenttuk suatu perangkat kolektif yang memungkinkan saling tukar dan kombinasi berbagai sumber untuk menjelaskan perubahan. 

Tidak ada komentar: