Menurut
Lupiyadi (2001:232) bahwa jasa E Commerce ini juga memiliki karakteristik
sebagai berikut:
1) Intangible
Artinya
ini jasa maya, tidak bisa dilihat bagaimana bentuknya dan lebih bersifat abstrak.
Hal ini berarti bahwa jasa portal internet bisa memiliki kemampuan untuk
mendeferensiasikan produknya sehingga berbeda dengan yang lain. Di dalam dunia
maya bebas mewujudkan apapun yang diinginkan, bahkan merubah wajah kita
sekalipun. Kantornya pun bisa berpindah tempat, bagi para wartawannya ia bisa
mengerjakannya dirumah sekalipun (virtual office).
2) Heterogenity
Service
jasa biasanya memiliki ketidak standaran dalam proses pelayanan terhadap para
pelanggannya. Masing-masing pelanggan merasakan ketidaksamaan akan pelayanan
service. Akan tetapi pada kenyataannya dalam jasa situs internet ini yang kita
dapati adalah keseimbangan dalam pelayanan terhadap semua pelanggan karena
berbasis pada alat-alat teknologi yang memiliki kecanggihan yang tinggi. Akan
tetapi ada tiga hal penting yang mendasar dan menjadi ciri budaya dunia
Internet, ketiga ciri tersebut adalah :
Supaya
jasa internet ini bisa berkembang maka diperlukan adanya dunia dimensi lain
yang potensial. Memperbaiki content dengan isi yang lebih baru dan menarik atau
ciri content. Nah content inilah yang barangkali tidak standart dalam
pelayanannya karena siapa yang mengisi content itu adalah manusia yang bisa
membuat kesalahan sehingga menimbulkan ketidakpuasan. Aspek bisnis yang bisa
disumbangkan ke dunia Internet yang kita bahas sekarang ini adalah E-commerce.
3) Inseparability
Jasa
biasanya dikonsumsi dan diproduksi dengan waktu yang sama dimana partisipasi
pelanggan ada dalam proses penyampaiannya. Demikian juga pada waktu kita
menggunakan jasa portal Internet tertentu.
4) Perishability
Sangat
tidak memungkinkan untuk menyimpan jasa tersebut sebagai Inventory. Jika dunia
tersebut tidak terlihat, tentu saja mustahil untuk menyimpannya dalam gudang,
kecuali jika gudang yang dimaksud adalah gudang maya yang berupa inbox atau
harddisk.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar