Senin, 28 September 2015

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Anemia (Konsultasi Skripsi, SKRIPSI, Jogja, Kedokteran, Judul Kedokteran, Keperawatan, Judul Keperawatan, kesehatan, Judul Kesehatan)

Menurut Ramakrishnan, 2001 faktor-faktor yang menyebabkan anemia gizi adalah sebagai berikut :
a.    Defisiensi besi
Defiensi besi disebabkan karena kebutuhan akan besi meningkat seperti pada saat pertumbuhan, menstruasi dan kehamilan. Pada proses kehamilan Kebutuhan besi meningkat dari 1,25 mg /hari pada saat tidak hamil menjadi 6 mg /hari selama kehamilan yang disebabkan karena besi digunakan dalam pembentukan janin dan cadangan dalam plasenta serta untuk sintesis Hb ibu hamil.
b.    Asupan dan ketersediaan dalam tubuh yang rendah
Sumber bahan makanan yang tinggi zat besi adalah makanan yang berasal dari hewan seperti daging, ikan dan telur yang sering disebut zat besi heme mempunyai bioavailabilitas tinggi dibanding zat besi dalam  bentuk non heme. Makanan yang dapat menghambat absorbsi zat besi adalah tanin (pada teh), polifenol (vegetarian), oksalat, fosfat dan fitat (serealia), albumin pada telur dan yolk, kacang-kacangan, kalsium pada susu dan hasil olahannya, serta mineral lain seperti Cu,Mn, Cd dan Co (Lestari, 2004). Teh yang diminum bersama-sama dengan hidangan lain ketika makan akan menghambat penyerapan besi non hem sampai 50 % (Muchtadi et al, 1993).
Berdasarkan penelitian Raharjo, 2003 diketahui bahwa risiko responden dengan asupan zat besi tidak mencukupi sesuai AKG (Angka Kecukupan Gizi) adalah sebesar 7 kali lebih tinggi untuk menderita anemia dibandingkan dengan responden yang asupan zat besinya sesuai AKG (CI= 1,44-36,02).
c.    Infeksi dan Parasit
Infeksi dan parasit yang berkontribusi dalam peningkatan anemia adalah malaria, infeksi HIV, dan infeksi cacing. Di daerah tropis, infeksi parasit terutama cacing tambang dapat menyebabkan kehilangan darah yang banyak, karena cacing tambang menghisap darah. Menurut hasil INACG (2002) disamping defisiensi zat gizi spesifik seperti vitamin A, B6, B12, riboflavin dan asam folat, penyakit infeksi umum dan kronis termasuk HIV/AID juga dapat menyebabkan anemia. Malaria khususnya Plasmodium falciparum juga dapat menyebabkan pecahnya sel darah merah. Cacing seperti jenis Trichuris trichiura dan Schistosoma haematobium dapat menyebabkan kehilangan darah.
d.   Anemia defisiensi mikronutrien lain
Anemia defisiensi besi sangat berhubungan dengan defisiensi mikronutrien lain seperti vitamin A, riboflavin, asam folat dan vitamin B12. Infeksi parasit pada usus dapat menyebabkan malabsorbsi zat gizi seperti vitamin A, asam folat dan vitamin B12 antara lain infestasi cacing tambang.
1)        Defisiensi Vitamin A
Suplementasi vitamin A pada individu yang defisiensi vitamin A akan meningkatkan kadar Hb kira-kira 10 gr/l. Pada beberapa hasil penelitian penambahan vitamin A akan meningkatkan respon Hb pada suplementasi Fe. Suplementasi per minggu dengan 23.000 IU vitamin A sebagai retinol atau beta karoten akan menurunkan prevalensi anemia sampai 45 % pada wanita.
2)         Defisiensi Riboflavin
Asupan riboflavin dan penyerapan Fe umumnya rendah jika mengkonsumsi produk hewani termasuk susu dalam jumlah terbatas. Defisiensi riboflavin membuat defisiensi besi tambah buruk dengan meningkatnya kehilangan besi, menurunnya absorbsi besi, perusakan besi interseluler, dan meningkatnya proliferasi crypt cell.
3)        Defisiensi asam folat
Pemberian Asam folat berhubungan dengan penurunan 40 % risiko anemia pada wanita hamil dan 35 % menurunkan risiko anemia megaloblastis. Defisiensi asam folat terutama menyebabkan gangguan metabolisme DNA, akibatnya terjadi perubahan morfologi inti sel terutama sel-sel yang sangat cepat membelah seperti sel darah merah, sel darah putih serta sel epitel lambung dan usus, vagina dan serviks. Kekurangan asam folat menghambat pertumbuhan, menyebabkan anemia megaloblastik dan gangguan darah lainnya, peradangan lidah (glositis) dan gangguan saluran cerna (Almatsier, 2001). Kekurangan asam folat berkaitan dengan berat lahir rendah, ablasio plasenta dan neural tube defect. (Arisman, 2004). Defisiensi folat juga diduga berhubungan dengan perkembangan beberapa kanker khususnya kanker kolon. Defisiensi folat dalam sel dan jaringan potensial meningkatkan perubahan neoplastik di sel normal pada tahap awal kanker (Groff, 2005)
4)        Defisiensi vitamin B12
Defisiensi vitamin B12 hampir sama dengan asam folat yaitun menyebabkan anemia makrositik. Manifestasi defisiensi vitamin B12 terjadi pada tahap awal dengan konsentrasi serum yang rendah kemudian ada indikasi transcobalamin II yang rendah, pada tahap berikutnya konsentrasi vitamin dalam sel yang rendah dan selanjutnya defisiensi secara biokimia dengan terjadinya penurunan sintesis DNA. (Groff, et al, 2005). Anemia pernisiosa yang disertai rasa letih yang parah merupakan akibat dari defisiensi vitamin B12. Vitamin B12 ini sangat penting dalam pembentukan RBC (Red Blood Cell). Di negara berkembang prevalensi defisiensi vitamin B12 ditemukan pada semua umur. Hal ini disebabkan intake makanan yang rendah (Ramakrishnan, 2001)

Tidak ada komentar: