Menurut (Anggoro, 2001. 71-72):
1. Untuk mengubah citra umum dimata khalayak
sehubungan dengan adanya kegiatan-kegiatan baru yang dilakukan perusahaan
2. Untuk meningkatkan bobot atau kualitas
pada calon pegawai perusahaan atau anggota organisasi yang hendak direkrut
3. Untuk menyebarluaskan suatu cerita sukses
yang telah dicapai oleh perusahaan kepada masyarakat dalam rangka mendapatkan
pengakuan
4. Untuk memperkenalkan perusahaan kepada
masyarakat luas serta membuka pasar-pasar baru
5. Untuk mempersiapkan dan mengkondisikan
masyarakat bursa saham atas rencana perusahaan untuk menerbitkan saham baru
atau saham tambahan
6. Untuk memperbaiki hubungan antara
perusahaan dan khalayaknya sehubungan dengan telah terjadinya suatu peristiwa
yang mengakibatkan kecaman, kesangsian atau salah paham di kalangan khalayak
terhadap niat baik perusahaan
7. Untuk mendidik para pengguna atau konsumen
agar mereka lebih efektif dan mengerti dalam memanfaatkan produk-produk
perusahaan
8. Untuk meyakinkan khalayak bahwasanya
perusahaan mampu bertahan atau bangkit kembali setelah terjadi suatu krisis
9. Untuk meningkatkan kemampuan dan ketahanan
perusahaan dalam rangka menghadapi resiko pengambilalihan (take-over)
oleh pihak-pihak lain di bursa saham
10. Untuk menciptakan identitas perusahaan
atau citra lembaga yang baru, yang tentunya lebih baik daripada sebelumnya atau
yang lebih sesuai dengan kenyataan yang ada
11. Untuk menyebarluaskan aneka informasi
mengenai aktivitas dan partisipasi para pemimpin perusahaan/ organisasi dalam
kehidupan sosial sehari-hari
12. Untuk mendukung keterlibatan suatu
perusahaan sebagai sponsor dari suatu acara
13. Untuk memastikan bahwasanya para politisi
atau pihak pemerintah benar-benar memahami kegiatan atau produk perusahaan yang
positif agar perusahaan yang bersangkutan terhindar dari aneka
peraturan,undang-undang, dan kebijakan pemerintah yang bisa merugikannya
14. Untuk menyebarluaskan kegiatan-kegiatan
riset yang telah dilakukan oleh perusahaan, agar masyarakat luas mengetahui
betapa perusahaan itu mengutamakan kualitas dalam berbagai hal.
Ruang lingkup humas, Mengubah
citra, menyebar luaskan cerita sukses yang telah di capai perusahaan kepada
masyarakat dan menyebarluaskan aneka informasi mengenai aktivitas dan partisipasi para pemimpin perusahaan/
organisasi dalam kehidupan sosial,
mendukung keterlibatan suatu perusahaan sebagai sponsor dari suatu acara untuk
menyebarluaskan kegiatan-kegiatan riset yang telah dilakukan oleh perusahaan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar