Kamis, 01 Desember 2016

Pembelajaran Kimia (skripsi dan tesis)


Pembelajaran adalah suatu kegiatan yang dilakukan secara sadar dan disengaja. Pembelajaran pada hakekatnya adalah suatu proses, yaitu proses mengatur, mengorganisasi lingkungan yang ada disekitar anak didik, sehingga  dapat menimbulkan dan mendorong anak didik melakukan proses belajar. Menurut Hamalik (2002:58) mengemukakan, pembelajaran adalah aktivitas mengatur lingkungan sebaik-baiknya sehingga  menciptakan kesempatan bagia nak untuk melakukan proses belajar secara efektif.
Dalam pembelajaran ada beberapa ciri yang terkandung di dalamnya, yaitu : pembelajaran dilakukan secara sadar dan direncanakan secara sistemtis, pembelajaran dapat menumbuhkan perhatian dan motivasi siswa dalam belajar, pembelajaran dapat menyediakan bahan belajar yang menarik dan menentang bagis siswa, pembelajaran dapat menggunakan alat bantu belajar yang tepat dan menarik, pembelajaran dapat menciptakan suasana yang aman dan menyenangkan bagi siswa, dan dapat membuat siswa siap menerima pelajaran.
 Dalam Pembelajaran Kimia mendasarkan kepada bagaimana siswa belajar secara aktif. Belajar Sifat-sifat larutan asam basa memerlukan konsep yang akan melahirkan rumus, teorema atau dalili, maka peranan guru Sifat-sifat larutan asam basa untuk memberikan motivasi kepada siswa agar belajar sehingga dapat tercapai tujuan Pembelajaran dirasa cukup berat. Karena pada umumnya bagi siswa Sifat-sifat larutan asam basa merupakan pelajaran yang kurang menarik bahkan ada yang beranggapan sangat membosankan.
Berpijak dari uraian tersebut, guru Sifat-sifat larutan asam basa harus dapat memberikan motivasi serta melalukan usaha lain dalam menyampaikan materi dikelas, sehingga siswa  termotivasi untuk mempelajari Sifat-sifat larutan asam basa tanpa dihantui rasa takut dan bosan. Hal ini  merupakan salah satu usaha dalam menggunakan metode dan alat bantu yang tepat dalam mengajar, guru bertugas membuat rancangan untuk memberikan kemudahan untuk mencapai tujuan pendidikan.
Agar proses pembelajaran Kimia berlangsung dengann baik maka diperlukan strategi pembelajaran Kimia. Strategi  berkaitan dengan cara-cara yang dipilih dalam menentukan ruang lingkup, urutan bahasan kegiatan dan sebagainya untuk  menyampaikan bahasan Sifat-sifat larutan asam basa adalah kegiatan yang dipilih pengajar dalam proses pembelajaran Kimia yang dapat memberikan fasilitas belajar sehingga memperlancar tujuan belajar Sifat-sifat larutan asam basa. Selain itu, strategi pembelajaran Kimia merupakan suatu kegiatan yang memelihara konsistensi dan kekompakan setiap komponen pembelajaran yang tidak hanya terjadi pada tahap pelaksanaan evaluasi. Agar dapat membawa suatu strategi pembelajaran Kimia, minimal, harus menguasai materi yang akan dibawakan. Berhasil atau tidaknya strategi Pembelajaran Kimia tergantung dari kondisi dan situasi murid serta kemampuan guru.

Tidak ada komentar: