Pembelajaran adalah suatu kegiatan yang
dilakukan secara sadar dan disengaja. Pembelajaran pada hakekatnya adalah suatu
proses, yaitu proses mengatur, mengorganisasi lingkungan yang ada disekitar
anak didik, sehingga dapat menimbulkan
dan mendorong anak didik melakukan proses belajar. Menurut Hamalik (2002:58)
mengemukakan, pembelajaran adalah aktivitas mengatur lingkungan sebaik-baiknya
sehingga menciptakan kesempatan bagia
nak untuk melakukan proses belajar secara efektif.
Dalam pembelajaran ada beberapa ciri
yang terkandung di dalamnya, yaitu : pembelajaran dilakukan secara sadar dan
direncanakan secara sistemtis, pembelajaran dapat menumbuhkan perhatian dan
motivasi siswa dalam belajar, pembelajaran dapat menyediakan bahan belajar yang
menarik dan menentang bagis siswa, pembelajaran dapat menggunakan alat bantu
belajar yang tepat dan menarik, pembelajaran dapat menciptakan suasana yang aman
dan menyenangkan bagi siswa, dan dapat membuat siswa siap menerima pelajaran.
Dalam Pembelajaran Kimia mendasarkan kepada bagaimana siswa belajar secara
aktif. Belajar Sifat-sifat larutan asam basa memerlukan konsep yang akan
melahirkan rumus, teorema atau dalili, maka peranan guru Sifat-sifat larutan
asam basa untuk memberikan motivasi kepada siswa agar belajar sehingga dapat
tercapai tujuan Pembelajaran dirasa cukup berat. Karena pada umumnya bagi siswa
Sifat-sifat larutan asam basa merupakan pelajaran yang kurang menarik bahkan
ada yang beranggapan sangat membosankan.
Berpijak dari
uraian tersebut, guru Sifat-sifat larutan asam basa harus dapat memberikan
motivasi serta melalukan usaha lain dalam menyampaikan materi dikelas, sehingga
siswa termotivasi untuk mempelajari Sifat-sifat
larutan asam basa tanpa dihantui rasa takut dan bosan. Hal ini merupakan salah satu usaha dalam menggunakan
metode dan alat bantu yang tepat dalam mengajar, guru bertugas membuat
rancangan untuk memberikan kemudahan untuk mencapai tujuan pendidikan.
Agar proses
pembelajaran Kimia berlangsung dengann baik maka diperlukan strategi pembelajaran
Kimia. Strategi berkaitan dengan
cara-cara yang dipilih dalam menentukan ruang lingkup, urutan bahasan kegiatan
dan sebagainya untuk menyampaikan
bahasan Sifat-sifat larutan asam basa adalah kegiatan yang dipilih pengajar
dalam proses pembelajaran Kimia yang dapat memberikan fasilitas belajar
sehingga memperlancar tujuan belajar Sifat-sifat larutan asam basa. Selain itu,
strategi pembelajaran Kimia merupakan suatu kegiatan yang memelihara
konsistensi dan kekompakan setiap komponen pembelajaran yang tidak hanya
terjadi pada tahap pelaksanaan evaluasi. Agar dapat membawa suatu strategi pembelajaran
Kimia, minimal, harus menguasai materi yang akan dibawakan. Berhasil atau
tidaknya strategi Pembelajaran Kimia tergantung dari kondisi dan situasi murid
serta kemampuan guru.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar