Langkah-langkahm etode resitasi
dimulai ketika guru memberikan tugas-tugas yang baik secara perorangan yang
diberikan kepada siswa hendaknya mempertimbangkan:
a.
Tujuan yang akan
dicapai.
b.
Jenis tugas yang jelas
dan tepat sehingga anak mengerti apa yang ditugaskan tersebut.
c.
Sesuai dengan kemampuan
siswa.
d.
Ada petunjuk atau
sumber yang dapat membantu pekerjaan siswa.
e.
Disediakan waktu yang
cukup untuk mengerjakan tugas tersebut
Selanjutnya langkah resitasi tersebut dibagi
ke dalam beberapa tahapan yaitu:
1.
Langkah pelaksanaan
tugas (resitasi)
a.
Memberikan atau
pengeawasan oleh guru.
b.
Di berikan dorongan
sehingga siswa mau bekerja.
c.
Diusahakan atau
dikerjakan oleh siswa sendiri, tidak menyuruh orang lain.
d.
Dianjurkan agar siswa
mencatat hasil-hasil yang dia peroleh dan sistematis.
2.
Fase Mempertanggung
Jawabkan Tugas
a.
Laporan siswa baik
lisan maupun tertulis dari apa yang dikerjakan.
b.
Ada tanya jawab atau
diskusi kelompok.
c.
Penilaian dari para
siswa baik dengan tes maupun non tes atau cara lainnya.
Tahapan dalam fase mempertanggung jawabkan inilah yang
disebut dengan resitasi
Adapun menurut Zakiyyah Darajat
Pemberian tugas dapat dilakukan dalam beberapa hal, yaitu:
1.
Murid diberi tugas
mempelajari bagian dari suatu buku teks baik secara kelompok maupun secara
perorangan. Diberi waktu tertentu untuk mengerjakannya, kemudian murid yang
bersangkutan mempertanggungjawabkan.
2.
Murid diberi tugas
untuk melaksanakan sesuatu yang tujuannya melatih mereka dalam hal yang
bersifat kecakapan mental dan motorik.
3.
Murid diberi tugas
untuk mengatasi masalah tertentu atau problem tertentu dengan cara mencoba
untuk mengucapkannya. Dengan tujuan agar
murid biasa berfikir ilimiah (logis dan sistematis) dalam memecahkan suatu
masalah.
4.
Murid diberi tugas
untuk melaksanakan proyek dengan tujuan agar urdmurid membiasakan diri untuk
brtanggungjawab terhadap penyelesaian suatu masalah, yang telah disediakan dana
bagaimana mengolah selanjutnya.
Dalam metode pemberian tugas atau
resitasi ini syarat yang harus diketahui oleh pendidik dan siswa yang diberi
tugas yaitu :
1.
Tugas yang diberikan
harus berkaitan dengan pelajaran yang telah mereka pelajari, sehingga muri
disamping sanggup mengerjakannya juga sanggup menghubungkannya dengan pelajaran-pelajaran
tertentu.
2.
Guru harus dapat
mengukur dan memperkirakan bahwa tugas yang diberikan kepada murid akan dapat
dilaksanakannya karena sesuai kesanggupan dan kecerdasan yang dimilikinya.
3.
Guru harus menanamkan kepada murid bahwa tugas
yang diberikan kepada mereka akan dikerjakan atas kesadaran sendiri yang
ditimbul dari hati sanubarinya.
4.
Jenis tugas diberikan
kepada murid harus dimengerti benar-benar sehingga murid tidak ada keraguan
dalam melaksanakannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar