Langkah-langkah penerapan model
pembelajaran berbasis portofolio sebagai model pembelajaran IPS IPS adalah
sebagai berikut:
a. Mengidentifikasi
masalah yang ada di masyarakat
Terdapat
beberapa kegiatan yang dilakaukan guru bersama siswa yaitu, mendiskusikan
tujuan, mencari masalah, apa saja yang siswa ketahui tentang masalah-masalah di
masyarakat dan memberi tugas pekerjaan rumah tentang masalah-masalah yang ada
di lingkungan masyarakat yang mereka anggap sangat berarti dan sesuai dengan
kemampuan siswa.
b. Memilih
masalah untuk kajian kelas
Sebelum
memilih masalah yang akan dipelajari atau di kaji hendaknya siswa mengkaji
terlebih dahulu pengetahuan yang mereka telah miliki tentang masalah-masalah di
masyarakat, dengan langkah sebagai berikut:
i.
Mengkaji informasi yang
telah dikumpulkan
ii.
Mengadakan pemilihan
secara demokratis tentang masalah yang akan mereka kaji
iii.
Melakukan penelitian
lanjutan tentang masalah yang terpilih untuk dikaji dengan mengumpulkan
informasi.
iv.
Mengumpulkan informasi
tentang masalah yang akan dikaji oleh kelas
Guru
hendaknya membimbing siswa dalam mendiskusikan sumber-sumber informasi
berkenaan dengan masalah yang dikaji, misalnya mencari sumber informasi melalui
perpustakaan, kantor penerbitan surat kabar, pakar, profesional (hakim, dokter,
pengacara), organisasi masyarakat, kantor legislative, lembaga pemerintah dan
lainnya.
c. Membuat
portofolio kelas
Dalam
membuat portofolio kelas siswa dibagai menjadi beberapa kelompok untuk
menentukan masalah-masalah yang akan di diskusikan atau di persentasikan dengan
teman sesama kelompok mauapun kelompok lain.
d. Menyajikan
portofolio (show case)
Penyajian
portofolio dilaksanakan setelah kelas menyelesaikan portofolio tampilan maupun
portofolio doumentasinya. Pelaksanaaan dapat dilakukan pada akhir semester satu
atau akhir semester dua tergantung situasi dan kondisi sekolah.
e. Merefleksikan
pada pengalaman belajar
Dalam
melakukan refleksi pengalaman belajar siswa, guru melakukan upaya evaluasi
untuk mengetahui seberapa jauh siswa telah mempelajari berbagai hal yang
berkenaan dengan topik yang dpelajari sebagai upaya belajar kelas secara
kooperatif (Moedjiono, 1985).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar