Senin, 05 Desember 2016

Kelebihan dan Kelemahan Metode Pembelajaran Dengan Strategi REACT (relating, experiencing, applying, cooperating, and transferring). (skripsi dan tesis)

Menurut Crawford (2001) REACT merupakan strategi pembelajaran konteks yang didasarkan pada penelitian tentang bagaimana siswa belajar untuk mendapatkan pemahaman dan bagaimana guru mengajarkan untuk memberikan pemahaman. Dari penjelasan tersebut maka dalam pembelajaran matematika dengan strategi REACT memiliki kelebihan dan kekurangan yang dapat dijelaskan sebagai berikut
Kelebihan strategi REACT diantaranya adalah :
a.       Memperdalam pemahaman siswa.
Dalam pembelajaran siswa bukan hanya menerima informasi yang disampaikan oleh guru, melainkan melakukan aktivitas mengerjakan LKS sehingga bisa mengaitkan dan mengalami sendiri prosesnya
b.      Mengembangkan sikap menghargai diri siswa dan orang lain
Karena dalam pembelajaran, siswa bekerjasama, melakukan aktivitas dan menemukan rumusnya sendiri, maka siswa memiliki rasa menghargai diri atau percaya diri sekaligus menghargai orang lain.
c.       Mengembangkan sikap kebersamaan dan rasa saling memiliki
Belajar dengan bekerjasama akan melahirkan komunikasi sesama siswa dalam aktivitas dan tanggungjawab, sehingga dapat menciptakan sikap kebersamaan dan rasa memiliki.



d.      Mengembangkan keterampilan untuk masa depan
Belajar dengan mengalami dituntut suatu keterampilan dari siswa untuk memanipulasi benda konkrit misal memasukkan dan membilang. Kegiatan tersebut merupakan bekal untuk mengembangkan keterampilan masa depan.
e.       Membentuk sikap mencintai lingkungan
Pembelajaran dengan memperhatikan keadaan lingkungan dan peristiwa dalam kehidupan sehari-han, dikaitkan dengan informasi baru. Oleh karena itu, siswa, dengan sendirinya membentuk sikap mencintai lingkungan.
f.       Membuat belajar secara inklusif
Pembelajaran yang dilaksanakan secara menyeluruh, sempurna dan menyenangkan.
Adapun kekurangan strategi REACT diantaranya adalah :
a.       Membutuhkan waktu yang lama untuk siswa
Pembelajaran dengan strategi REACT membutuhkan waktu yang lama bagi siswa dalam melakukan aktivitas belajar, sehingga sulit mencapai target kurikulum. Untuk mengatasi hal tersebut perlu pengaturan waktu seefektif mungkin.
b.      Membutuhkan waktu yang lama untuk guru
Pembelajaran dengan strategi REACT membutuhkan waktu yang lama bagi guru dalam melakukan aktivitas pembelajaran, sehingga kebanyakan guru tidak mau menggunakannya.
c.       Membutuhkan kemampuan khusus guru
Kernampuan guru yang paling dibutuhkan adalah adanya keinginan untuk melakukan, kreatif, inovatif dan komunikasi dalam pembelajaran sehingga tidak semua guru dapat melakukan atau menggunakan strategi ini.
d.      Menuntut sifat tertentu dari guru
Pembelajaran dengan strategi REACT tidaklah mudah, memerlukan persiapan tambahan dan menuntut kerja keras serta bekerjasama dengan guru lain dalam menghadapi kendala.Hal ini juga menyebabkan guru harus rela bekerja lebih keras.

Tidak ada komentar: