Menurut
Crawford (2001) REACT merupakan strategi pembelajaran konteks yang didasarkan
pada penelitian tentang bagaimana siswa belajar untuk mendapatkan pemahaman dan
bagaimana guru mengajarkan untuk memberikan pemahaman. Dari penjelasan tersebut
maka dalam pembelajaran matematika dengan strategi REACT memiliki kelebihan dan
kekurangan yang dapat dijelaskan sebagai berikut
Kelebihan
strategi REACT diantaranya adalah :
a.
Memperdalam
pemahaman siswa.
Dalam
pembelajaran siswa bukan hanya menerima informasi yang disampaikan oleh guru,
melainkan melakukan aktivitas mengerjakan LKS sehingga bisa mengaitkan dan
mengalami sendiri prosesnya
b.
Mengembangkan
sikap menghargai diri siswa dan orang lain
Karena
dalam pembelajaran, siswa bekerjasama, melakukan aktivitas dan menemukan
rumusnya sendiri, maka siswa memiliki rasa menghargai diri atau percaya diri
sekaligus menghargai orang lain.
c.
Mengembangkan
sikap kebersamaan dan rasa saling memiliki
Belajar
dengan bekerjasama akan melahirkan komunikasi sesama siswa dalam aktivitas dan
tanggungjawab, sehingga dapat menciptakan sikap kebersamaan dan rasa memiliki.
d.
Mengembangkan
keterampilan untuk masa depan
Belajar
dengan mengalami dituntut suatu keterampilan dari siswa untuk memanipulasi
benda konkrit misal memasukkan dan membilang. Kegiatan tersebut merupakan bekal
untuk mengembangkan keterampilan masa depan.
e.
Membentuk
sikap mencintai lingkungan
Pembelajaran
dengan memperhatikan keadaan lingkungan dan peristiwa dalam kehidupan
sehari-han, dikaitkan dengan informasi baru. Oleh karena itu, siswa, dengan
sendirinya membentuk sikap mencintai lingkungan.
f.
Membuat
belajar secara inklusif
Pembelajaran
yang dilaksanakan secara menyeluruh, sempurna dan menyenangkan.
Adapun
kekurangan strategi REACT diantaranya adalah :
a. Membutuhkan waktu yang lama untuk siswa
Pembelajaran
dengan strategi REACT membutuhkan waktu yang lama bagi siswa dalam melakukan
aktivitas belajar, sehingga sulit mencapai target kurikulum. Untuk mengatasi
hal tersebut perlu pengaturan waktu seefektif mungkin.
b. Membutuhkan waktu yang lama untuk guru
Pembelajaran
dengan strategi REACT membutuhkan waktu yang lama bagi guru dalam melakukan
aktivitas pembelajaran, sehingga kebanyakan guru tidak mau menggunakannya.
c. Membutuhkan kemampuan khusus guru
Kernampuan
guru yang paling dibutuhkan adalah adanya keinginan untuk melakukan, kreatif,
inovatif dan komunikasi dalam pembelajaran sehingga tidak semua guru dapat
melakukan atau menggunakan strategi ini.
d. Menuntut sifat tertentu dari guru
Pembelajaran
dengan strategi REACT tidaklah mudah, memerlukan persiapan tambahan dan
menuntut kerja keras serta bekerjasama dengan guru lain dalam menghadapi
kendala.Hal ini juga menyebabkan guru harus rela bekerja lebih keras.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar