Sabtu, 28 September 2024

Manfaat Word Of Mouth


Sebelum melakukan pembelian, pelanggan harus mencari tahu
tentang produk yang akan dibeli. Riset data dilakukan untuk mendapatkan
produk berbasis kebutuhan. Pernyataan tentang produk ini bisa berasal
dari berbagai sumber, salah satunya adalah pengalaman konsumen lain
saat menggunakan produk ini.
Menurut Rosen dalam Priansa (2017:340) ada tiga faktor yang
mempengaruhi word of mouth sangat penting, antara lain:
a. Kebisingan
Banyaknya informasi yang tersedia di berbagai media menarik
konsumen untuk mengambil keputusan setiap hari. Untuk mengatasi
masalah ini, konsumen perlu mengetahui keakuratan informasi yang
tersedia di media yang bersangkutan, serta hal-hal yang dapat
disebutkan oleh individu atau kelompok individu seperti teman dan
keluarga.
b. Keraguan
Mengecewakan konsumen dengan adanya produk membuat
konsumen skeptis terhadap kebenaran isu yang diberikan.
c. Keterhubungan
Sekarang fakta bahwa konsumen dari semua jenis, dari yang terkaya
hingga termiskin, terus berinteraksi dan berkomunikasi. Dalam hal ini,
konsumen cenderung tidak mengobrol untuk produk tertentu, seperti
pengalaman langsung saat menggunakan produk ini.

Tidak ada komentar: