Pemasaran melalui digital, ini merupakan kegiatan dimana memasarkan sebuah
produk yang dihasilkan sebelumnya, proses dari digital marketing sendiri, ini melalui
beberapa media-media sosial serta website, media sosial, acara Tv dan channel lain
misalnya YouTube, yang turut serta dimanfaatkan dalam menunjang proses digital
marketing guna lebih efektif dan efisien dari segi biaya pemasaran ketika melakukan
komunikasi pemasaran pada publik. Namun jelas tujuan dari terciptanya digital
marketing untuk membuat orang Interest (tertarik) dan demand (menginginkan).
Umumnya adanya pemasaran digital merupakan pembaharuan baru dalam transisi
antara pasar tradisional ke pasar digital, artinya dalam pasar digital sendiri ini
menentukan ketepatan langkah dalam memasarkan produk melalui inovasi-inovasi
terbaru di digital marketing, berikut beberapa pengertian tentang digital marketing
sendiri.
Pemasaran digital menurut para beberapa ahli dijabarkan sebagai berikut:
- Digital marketing menurut WSI (We simplify the Internet) dalam (Todor, 2016)
mengatakan bahwa the practice of promotion product and service In a innovative
way using in primarily database-driven distribution channels to reach consumers
and customer in a timely, relevant personal and cost effective manner. WSI sendiri
menekankan pada penelaah data di lapangan terkait keinginan dan kebutuhan akan
menyebabkan dampak penjual yang signifikan karena hal tersebut dapat
menjangkau konsumen dan pelanggan secara tepat waktu, pribadi yang relevan,
dan hemat biaya. - Menurut (Todor, 2016) digital marketing, digital marketing is a blanket term form
the targeted, measurable and interactive marketing of goods or service using
digital technologies in order to reach and convert leads into customers and
preserve them. the main objective is to promotion brands, shape preference and
boost sales through several digital marketing techniques. Dengan kata lain ia
menekankan pada target yang terukur dalam penjualan pada promosi suatu brand
dengan mengedepankan teknik pemasaran agar mampu menarik minat pembeli - Menurut (Chaffey, 2015) Digital marketing adalah penerapan teknologi digital
yang membentuk online channel ke pasar (website, e-mail, data base, digital Tv
serta memunculkan inovasi baru berupa blog organisasi atau perusahaan, serta
menggunakan feed di beberapa media sosial, bahkan podcast sekalipun yang
dikemas dalam memberikan penawaran produk pada konsumen sehingga hal
tersebut nantinya mampu berkontribusi untuk kelanjutan dan kegiatan pasar pada
pemasaran produk. yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dan
mempertahankan konsumen (di dalam proses pembelian yang multichannel dan
daur hidup pelanggan). Lewat usaha mengenali pentingnya teknologi digital dan
mengembangkan pendekatan yang terencana untuk meningkatkan kesadaran
konsumen (terhadap perusahaan, perilaku, nilai dan pendorong loyalitas terhadap
merek produknya) dan kemudian menyampaikan pesan lewat kegiatan komunikasi
dan layanan berbasis online yang ter integritas dan terfokus untuk memenuhi
kebutuhan pelanggan yang spesifik. - (Tarigan & Sanjaya, 2013) mengatakan bahwa digital marketing merupakan suatu
kegiatan marketing termasuk branding yang menggunakan berbagai media berbasis
web seperti blog, website, e-mail, adwords, ataupun jejaring sosial lainnya.
Menurutnya dalam era digital marketing terdapat beberapa kelebihan dan
kelemahan sebagai berikut: - Kelebihan:
a. Digital marketing mudah terjangkau dan efektif serta efisien untuk
mendapatkan feedback langsung melalui proses interaksi tidak langsung.
b. Memiliki jangkauan luas yang mana memudahkan konsumen untuk
menggali informasi yang dibutuhkan tentang produk yang ditawarkan
sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk tersebut. - Kelemahan:
a. Mudah ditiru, dalam hal ini kegiatan digital marketing yang dipasarkan
secara luas akan marak pula plagiat produk apabila tidak terdapat ciri khas
produk itu sendiri.
b. Kelemahan akan editing dalam proses digital marketing akan menimbulkan
minimnya ketertarikan konsumen.
c. Terlalu bergantung pada teknologi yang ada.
d. Gagap teknologi akan menjadi penghambat dalam menciptakan digital
marketing sendiri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar