Terdapat tiga aspek yang merupakan dimensi dari sales promotion
yang memengaruhi keberhasilan sales promotion. Ketiga aspek tersebut, yakni
(Kotler & Keller, 2018, p. 622):
- Incentive Value
Sebelum suatu perusahaan melakukan kegiatan promosi, perusahaan
tersebut diharuskan menentukan besaran budget tambahan atau insentif
yang akan diberikan kepada konsumennya. Perhitungan incentive value
ditentukan dari beberapa hal seperti, margin perusahaan, reaksi
konsumen dalam menilai promosi, dsb. Konsumen produk atau jasa
akan semakin tertarik apabila nilai insentif yang ditawarkan dalam
promosi semakin besar. - Duration
Perusahaan yang ingin menjalankan kegiatan sales promotion harus
menentukan jangka waktu promosi yang akan dilaksanakan. Tidak ada
patokan pasti untuk menentukan durasi promosi tersebut, akan tetapi
promosi dengan durasi yang pendek akan menimbulkan respon impulsif
yang lebih besar daripada promosi dengan durasi yang panjang. Di lain
hal, promosi dengan durasi yang panjang memiliki kesempatan untuk
diketahui oleh lebih banyak target market daripada promosi dengan
durasi yang pendek - Distribution Media
Aspek ini memberikan penjelasan mengenai cara yang digunakan oleh
perusahaan atau merek dalam memilih saluran yang dianggap paling
tepat dalam menyebarkan aktivitas sales promotion. Lahirnya berbagai
macam media baru untuk menyalurkan informasi dalam aktivitas sales
promotion ini disebabkan oleh perkembangan zaman. Hal ini
menyebabkan aktivitas sales promotion juga dapat disebarkan melalui
media sosial, digital ads, hingga penggunaan influencer. Tidak lagi
hanya sekedar melalui iklan tradisional.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar