Sabtu, 28 September 2024

Dimensi Sales Promotion


Terdapat tiga aspek yang merupakan dimensi dari sales promotion
yang memengaruhi keberhasilan sales promotion. Ketiga aspek tersebut, yakni
(Kotler & Keller, 2018, p. 622):

  1. Incentive Value
    Sebelum suatu perusahaan melakukan kegiatan promosi, perusahaan
    tersebut diharuskan menentukan besaran budget tambahan atau insentif
    yang akan diberikan kepada konsumennya. Perhitungan incentive value
    ditentukan dari beberapa hal seperti, margin perusahaan, reaksi
    konsumen dalam menilai promosi, dsb. Konsumen produk atau jasa
    akan semakin tertarik apabila nilai insentif yang ditawarkan dalam
    promosi semakin besar.
  2. Duration
    Perusahaan yang ingin menjalankan kegiatan sales promotion harus
    menentukan jangka waktu promosi yang akan dilaksanakan. Tidak ada
    patokan pasti untuk menentukan durasi promosi tersebut, akan tetapi
    promosi dengan durasi yang pendek akan menimbulkan respon impulsif
    yang lebih besar daripada promosi dengan durasi yang panjang. Di lain
    hal, promosi dengan durasi yang panjang memiliki kesempatan untuk
    diketahui oleh lebih banyak target market daripada promosi dengan
    durasi yang pendek
  3. Distribution Media
    Aspek ini memberikan penjelasan mengenai cara yang digunakan oleh
    perusahaan atau merek dalam memilih saluran yang dianggap paling
    tepat dalam menyebarkan aktivitas sales promotion. Lahirnya berbagai
    macam media baru untuk menyalurkan informasi dalam aktivitas sales
    promotion ini disebabkan oleh perkembangan zaman. Hal ini
    menyebabkan aktivitas sales promotion juga dapat disebarkan melalui
    media sosial, digital ads, hingga penggunaan influencer. Tidak lagi
    hanya sekedar melalui iklan tradisional.

Tidak ada komentar: