Sabtu, 28 September 2024

Indikator Kualitas Pelayanan Online


Yang dan Jun (2002), Rowley (2006); (Li et al., 2009) mengusulkan dua
dimensi kualitas pelayanan electronic dari perspektif pelanggan, yaitu:

  1. Experience (Pengalaman)
    Pengalaman disini terkait dengan kesan penggunaan layanan eloktronik
    pelanggan sebelumnya (buyer review). Pengalaman online pelanggan
    mencakup elemen-elemen seperti mencari, menelusuri, menemukan, memilih,
    membandingkan dan mengevaluasi informasi serta berinteraksi dan
    bertransaksi dengan perusahaan online Constantinides (2004); (Li et al., 2009).
  2. Trust (Kepercayaan)
    Dalam era digital, kepercayaan terhadap perusahaan online menjadi factor
    terpenting dalam pertumbuhan penjualan online, kesuksesan online dan daya
    saing Gounaris et al. (2005); (Li et al., 2009). Kepercayaan pada layanan
    elektronik terkait dengan proses pembelian dan pembayaran, keandalan situs
    web, masalah privasi dan sekuritas, pemenuhan pesanan, pengiriman layanan,
    layanan purna jual dan reputasi perusahaan.
    Pengalaman online pelanggan dapat mempengaruhi niat pembelian pada
    kedepannya, sikap terhadap pelayanan elektronik dan kepuasan konsumen.
    Untuk kepercayaan pelanggan kepada perusahaan online sangat penting untuk
    kesuksesan perusahaan online.
    Sebagai sebuah platform aplikasi penjualan digital, Shopee memberikan
    berbagai fitur pendukung dalam peningkatan pelayanan yang akan diberikan
    konsumen. Melalui Shopee Live, Shopee Finance, Shopee Flashsale, Shopee
    Express dan yang terbaru Shopee Food, Shopee menunjukkan kesiapannya
    dalam melakukan pelayanan secara menyeluruh sehingga tercapai experience
    pelanggan, kepercayaan pelanggan dan kepuasan pelayanan yang akan diterima
    oleh konsumen.

Tidak ada komentar: