Sabtu, 28 September 2024

Tipe Influencer Marketing berdasarkan Tujuan


Di era sekarang ini banyak perusahaan yang menggunakan strategi
influencer marketing dalam memasarkan produknya. Strategi pemasaran ini
dianggap paling relevan. Hal ini dikarenakan karakteristik yang dimiliki oleh
influencer media sosial sangat efektif untuk digunakan sebagai media perantara
dalam memperkenalkan sebuah merek dan membuat audiens dari influencer
tersebut melakukan aksi yang diharapkan oleh sebuah merek.
Namun dalam menjalankan strategi ini juga diperlukannya tahap
identifikasi tujuan pemasaran dengan tepat agar tidak terjadi kesalahan dalam
menjalankan kegiatan promosi sehingga dapat mencapai hasil yang diharapkan.
Menurut Dimas, terdapat beberapa tipe influencer marketing berdasarkan
tujuannya yang dapat dilakukan, yaitu (Gityandraputra, 2020):

  1. Bertujuan untuk meningkatkan Brand Awareness
    a. Channel Takeover
    Melalui tipe ini sebuah merek dapat bekerja sama dengan
    puluhan hingga ratusan influencer untuk menyebarkan pesan dari
    kampanye yang dijalankan oleh merek tersebut melalui sudut pandang
    influencer. Hal ini memberikan gambaran keadaan seolah-olah berbagai
    saluran media sosial itu diambil alih oleh sebuah merek.
    Tujuan strategi ini adalah untuk dapat meningkatkan jangkauan
    sasaran audiens yang lebih luas. Tipe ini juga dapat menimbulkan rasa
    penasaran pada masyarakat untuk mencari tahu lebih banyak lagi
    mengenai kampanye yang sedang berlangsung. Hal ini mengakibatkan
    semakin banyak orang yang lebih mengenal merek yang ditawarkan
    dalam kegiatan pemasaran tersebut.
    b. Creative Challenge
    Creative challenge merupakan suatu aktivitas unik menantang
    yang dibuat oleh suatu merek untuk diikuti oleh masyarakat luas melalui
    sebuah platform, biasanya melalui media sosial. Jika suatu merek
    melangsungkan aktivitas tersebut dan diikuti oleh ribuan hingga jutaan
    pengguna media sosial, maka merek tersebut akan mendapatkan
    keuntungan dari banyaknya orang yang jadi mengenal dan
    memperbincangkan kampanye dari merek tersebut.
    c. Emotional Storytelling
    Melalui emotional storytelling, sebuah merek dapat menangkap
    perhatian audiens dengan mengangkat berbagai kisah emosional.
    Keunggulan dari tipe strategi ini adalah cerita yang disampaikan oleh
    influencer atau merek dapat membuat calon konsumen melibatkan
    perasaan yang pada akhirnya konsumen merasa lebih percaya dengan
    pesan yang disampaikan.
  2. Bertujuan untuk membangun merek (Brand Building)
    a. Product Placement
    Bentuk dari tipe strategi ini adalah bekerja sama dengan
    berbagai influencer yang cocok dengan merek agar mereka dapat
    membagikan kisah unik dan mengemas pesan dari kampanye yang ingin
    disampaikan ke dalam cerita yang familiar bagi sasaran audiensnya.
    b. How-To’s
    Manfaat yang dapat diperoleh dari tipe strategi ini adalah
    memberikan merek kesempatan untuk dapat lebih mudah ditemukan
    calon konsumen. Pada dasarnya, terdapat banyak pengguna internet
    yang senang dan sering mencari video dari cara untuk melakukan
    sesuatu, atau how-to dari produk tertentu yang mereka inginkan.
  3. Bertujuan untuk Product Consideration
    a. Guides and Review
    Tipe strategi ini memiliki kemiripan dengan tipe how-to, yang
    menjadi perbedaannya adalah melalui guides and review sebuah pesan
    disampaikan dengan lebih mendalam. Cara ini dikatakan cukup efektif
    untuk mengkonversi calon konsumen, dikarenakan isi kontennya yang
    bermanfaat untuk audiens. Terlebih pesan pada konten ini disampaikan
    oleh influencer dengan cara komunikasi yang mudah dipahami banyak
    orang.
    b. Promos
    Pada dasarnya banyak orang yang tertarik dengan penawaran
    promo dikarenakan mereka dapat memperoleh atau membeli sesuatu
    yang mereka inginkan dengan harga yang relatif lebih murah atau
    terdapat keuntungan lebih. Hal ini juga yang yang membuat tipe strategi
    ini dikatakan tepat untuk menarik audiens agar segera membeli produk
    yang dipromosikan. Keunggulan lainnya dari tipe ini adalah ROI lebih
    mudah diukur lewat kode unik atau tautan yang diikutsertakan dalam
    kontennya9

Tidak ada komentar: