Bisnis adalah tindakan atau kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang
atau individu dengan maksud mendapatkan laba melalui pembuatan barang dan
pelayanan untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Sementara itu, istilah online
digunakan ketika berhubungan dengan internet atau dunia maya. Bisnis online,
dapat diartikan sebagai kegiatan bisnis yang menjalankan sebagian atau seluruh
operasinya melalui media internet. Dalam konteks bisnis online, produk atau
layanan dijual, dibeli, atau ditawarkan secara daring melalui situs web atau
platform e-commerce.
Dengan bisnis online tidak ada batasan untuk memulai bisnis. Pentingnya
bisnis online saat ini juga karena jangkauannya yang sangat luas. Promosi bisnis
yang kita lakukan bisa menyeluruh ke semua kalangan dan daerah. Bisa saja
calon konsumen kita bukan hanya di Indonesia melainkan di luar negeri.
Menurut Wahyuningtyas, (2019) Bisnis Online dapat dilakukan dengan berbagai
macam cara:
1) Website
2) Blog
3) Jejaring Sosial
Saat ini media yang paling populer untuk berbisnis online yaitu jejaring
sosial. Berikut ini 3 jejaring sosial yang paling banyak digunakan untuk bisnis
yaitu:
1) Facebook
2) Tiktok
3) Instagram
4) X (Twitter)
Menurut Wahyuningtyas, (2019), Bisnis online memiliki kelebihan dan
kekurangan. Kelebihannya meliputi jangkauan pasar yang lebih luas
dibandingkan dengan toko offline, fleksibilitas waktu kerja yang tidak terbatas
selama 24 jam, biaya operasional yang cenderung lebih rendah daripada bisnis
offline, dan modal usaha yang tidak terlalu besar. Namun, terdapat juga
kekurangan seperti, masalah pengiriman yang tidak sesuai dengan alamat
pembeli, ketidaksesuaian barang dengan ekspektasi, dan risiko penipuan atau
ketidakpengiriman barang. Secara keseluruhan, keberadaan internet
memungkinkan kita untuk berbisnis online, memanfaatkan media sosial sebagai
platform penjualan, dan mempromosikan berbagai produk.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar