Sabtu, 28 September 2024

Pengertian Media Sosial


Sosial media merupakan pergeseran penyebaran informasi dari mekanisme
broadcast (one-to-many) menjadi mekanisme many-to-many. “Media sosial adalah
konten berisi informasi yang dibuat oleh orang yang memanfaatkan teknologi
penerbitan, sangat mudah diakses dan dimaksudkan untuk memfasilitasi komunikasi,
pengaruh dan interaksi dengan sesama dan dengan khalayak umum” (Nasrullah. ,
2015). Berikut ini adalah contoh dari beberapa media soaial tersebut :

  1. Instagram
    Instagram adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk membagi-
    bagikan foto dan video. Instagram sendiri masih merupakan bagian dari
    facebook yang memungkinkan teman facebook kita mem-follow akun
    instagram kita. Makin populernya instagram sebagai aplikasi yang
    digunakan untuk membagi foto membuat banyak pengguna yang terjun ke
    bisnis online turut mempromosikan produk-produknya lewat Instagram
    (Nisrina, 2015)
    a. Kelebihan instagram
    Keamanan dan Privasi Bagi Penggunanya pada Instagram dinilai
    sangat ketat. Mempunyai fitur unik dan menarik yaitu saat kita
    selesai membuat foto atau pun video pada aplikasi instagram, kita
    bisa menambahkan efek dan filter lucu dan menarik yang tersedia.
    Dan dapat melakukan siaran langsung, Selain itu Instagram juga
    menyediakan fitur akun bisnis bagi penggunanya Untuk pengguna
    yang memiliki bisnis, instagram memiliki fitur yang sangat
    memudahkan kita dalam menjalani bisnis. Dengan mengubah akun
    pribadi menjadi akun bisnis, kita bisa melakukan promosi, membuat
    katalog, dan menentukan target market yang sesuai dengan bisnis
    yang kita jalani.
    Kekurangan Instagram
    Instagram terus mengembangkan fitur - fitur baru secara berkala.
    Namun, pengguna bisa menikmati fitur baru tersebut setelah kita
    meng-update aplikasi Instagram, oleh karena itu pengguna harus
    melakukan update secara berkala. Kemudian, Instagram juga cukup
    banyak menghabiskan paket data. Salah satu akibat dari update
    aplikasi yang dilakukan secara berkala adalah semakin besar juga
    paket data yang digunakan. Ditambah lagi saat ini Instagram lebih
    memfokuskan pada video dari pada foto. Sehingga akan
    menghabiskan cukup banyak paket data jika menggunakan aplikasi
    Instagram.
  2. TikTok
    Tiktok merupakan aplikasi yang memberikan efek spesial, unik dan
    menarik yang bisa digunakan oleh para pengguna aplikasi ini dengan mudah
    untuk membuat video pendek yang keren dan bisa menarik perhatian banyak
    orang yang menontonnya. Aplikasi Tiktok adalah sebuah jejaring sosial dan
    platform video musik tiongkok yang diluncurkan pada september 2016.
    Aplikasi ini adalah aplikasi pembuatan video pendek dengan didukung
    musik, yang sangat digemari oleh orang banyak termasuk orang dewasa dan
    anak-anak dibawah umur.
    a. Kelebihan TikTok
    Tiktok memiliki tampilan yang unik dan menarik. Tampilan dalam
    aplikasi TikTok memiliki ciri khas sendiri yang menjadi keunggulan
    dan beda. Tampilannya yang simple dan mudah diakses menjadikan
    nyaman bagi para penggunanya.Tidak hanya itu saja TikTok juga
    menawarkan berbagai fitur salah satunya tampilan video yang jernih
    dan nyata. Hal ini juga bisa dinikmati di TikTok, karena sesuai tujuan
    utama aplikasi ini untuk membuat video yang berbeda dari yang lain
    dan menawarkan kualitas yang bagus, selain itu video yang
    ditawarkan sangatlah singkat dan berdurasi kurang lebih 1 sampai
    10 menit. Dengan durasi yang singkat para pengguna lama maupun
    baru akan merasa lebih nyaman dan tidak merasa bosan saat
    menggunakannya.
    b. Kekurangan TikTok
    kekurangan pertama dari TikTok yaitu masih banyak terdapat video
    dan konten yang tidak bertanggungjawab. Konten tersebut sengaja
    dibuat untuk kepentingan individu dan supaya viral. Dampak negatif
    tersebut segera mungkin diperbaiki supaya para penggunanya bisa
    nyaman dalam menumbuhkan kreatifnya. Selain itu aplikasi TikTok
    yang masih terlalu besar. Dan yang terakhir yaitu masih terdapat
    banyak pemblokiran akun. Maksudnya bagi mereka yang memiliki
    akun TikTok yang melakukan atau menggunakan TikTok dengan
    tidak sewajarnya dan tidak mematuhi aturannya maka akan diblokir.
    Pemblokiran akun TikTok ini opsional dan tergantung seberapa berat
    pelanggaran yang dilakukan.
  3. Facebook.
    Facebook adalah website jaringan sosial dimana para pengguna dapat
    bergabung dalam komunitas berdasarkan negara, hobi, kota, kerja, sekolah dan
    daerah untuk melakukan komunikasi. Besarnya jumlah pengguna facebook
    menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian orang untuk menjadikannya sebagai
    media komunikasi dalam kehidupan sehari-hari (Yudhanto & Prasetyo, 2018)
    a. Kelebihan Facebook
    Salah satu kelebihan dari Facebook adalah dapat dengan mudah
    digunakan oleh siapapun. Kemudian Facebook juga memiliki Fitur
    Status dan Stories. Dengan adanya fitur ini, pengguna dapat dengan
    mudah memposting sebuah status seperti cerita, foto, dan video.
    Selain itu juga bisa memposting stories atau story. Selain dua fitur
    tersebut, masih banyak lagi Fitur Facebook lain seperti Live
    Streaming, Fanspage, Dark Mode, dan masih banyak lagi. Tidak
    hanya digunakan sebagai medial sosial saja, facebook juga dapat
    digunakan sebagai media promosi produk atau brand bisnis. Dengan
    membuat status, stories, ataupun memanfaatkan fitur marketplace.
    Pasalnya fb memang sengaja membuat fitur yang bisa pengguna
    gunakan untuk mempromosikan produk atau brand produk mereka,
    bahkan anda bisa membuat fanspage atau halaman khusus untuk
    bisnis yang kemudian dapat dipromosi secara manual ataupun
    otomatis dengan membayar biaya promosi ke pihak Facebook atau
    lebih dikenal dengan sebutan Facebook Adsense.
    b. Kekurangan Facebook
    Kekurangan dari sosial media facebook ini karena tidak adanya
    fitur pencarian konten sehingga untuk menemukan produk yang
    dikehendaki akan sulit. Pada facebook hanya menyediakan fitur
    pencarian akun, grup, pengguna lain, dan halaman fanpage.
    Sehingga untuk mencari produk yang dikehendaki pengguna lain
    harus mengetahui betul nama fanpage baru masuk pada halaman
    profil, selain itu banyaknya pengguna facebook dan teman yang
    mencapai hingga ribuan kemungkinan postigan iklan produk akan
    mudah tenggelam, sebaiknya akun Facebook menggunakan
    Facebook ads, karena dengan menggunakan Facebook ads akan,
    mempromosikan bisnis secara leluasa. Tanpa terbatas jarak apapun,
    kemudian facebook ads mampu menargetkan kepada siapa,
    customer seperti apa, yang menjadi target. Mulai dari rentang usia,
    jenis kelamin, lokasi, interest dengan begitu produk atau brand yang
    dimiliki akan tersampaikan dengan baik kepada orang-orang yang
    mempunyai interest terhadap produk yang dijual.
  4. WhatsApp
    WhatsApp adalah aplikasi yang dibuat untuk mempermudah manusia
    untuk berkomunikasi di era perkembangan teknologi saat ini. Whatsapp
    merupakan bagian dari media sosial yang memudahkan semua para
    penggunanya untuk dapat saling berbagi nformasi satu sama lain. Penggunaan
    WhatsApp telah digunakan oleh hampir seluruh kalangan masyarakat karena
    penggunaannya yang terbilang cukup mudah. WhatsApp merupkan aplikasi
    berbasis internet yang memudahkan penggunanya pada saat berkomunikasi
    dengan menggunaka fitur-fitur yang tersedia (Jumiatmoko, 2016)
    a. Kelebihan WhatsApp
    WhatsApp sangat mudah digunakan bahkan oleh pemula sekalipun.
    Mereka tidak akan kesulitan untuk menggunakan aplikasi ini
    meskipun baru pertama kali memakainya, selain itu ada beberapa
    fitur yang dapat mendukung kegiatan bisnis. WhatsApp memiliki
    Fitur Pesan Otomatis. Fitur pesan otomatis atau auto reply menjadi
    salah satu fitur andalan bagi para pelaku bisnis. Fitur ini
    memungkinkan untuk mengatur pesan otomatis yang diinginkan
    untuk menjawab pelanggan, terutama jika berada di luar jam
    operasional. Terdapat tiga fitur dalam Fitur pesan otomatis yaitu
    yang pertama adalah Greeting message, yang dapat digunakan
    sebagai pesan otomatis terhadap konsumen saat mereka
    menghubungi akun WA bisnis untuk pertama kalinya. Kemudian
    Quick replies, yang berfungsi untuk membalas cepat seluruh pesan
    yang serupa atau Frequently Asked Questions (FAQ) dan yang
    terakhir adalah Away message, yang dapat digunakan untuk
    merespon pesan konsumen secara otomatis di luar jam operasional
    atau ketika sedang sibuk. Dengan adanya fitur tersebut maka tidak
    perlu untuk mengetik satu persatu yang tentu saja dapat
    membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menjawab chat
    pelanggan
    b. Kekurangan WhatsApp
    Kekurangan WhatsApp adalah adanya limitasi jumlah device. Saat
    ini WA Bisnis hanya dapat digunakan pada dua device saja. Apabila
    membutuhkan akses di lebih dari dua device, maka harus membuat
    akun WA Bisnis lainnya dengan nomor baru. Hal ini sangat tidak
    efektif untuk dilakukan oleh bisnis. Kemudian kekurangan yang
    selanjutnya adalah tidak dapat mengubah nomor telepon pada akun
    WA Business. Jika ingin menggunakan nomor baru, maka Anda
    perlu membuat akun WA Bisnis yang juga baru. Selain itu penting
    untuk diingat bahwa tidak bisa menggunakan satu nomor yang sama
    untuk akun WA Business dan WhatsApp messenger biasa

Tidak ada komentar: