Sosial media merupakan pergeseran penyebaran informasi dari mekanisme
broadcast (one-to-many) menjadi mekanisme many-to-many. “Media sosial adalah
konten berisi informasi yang dibuat oleh orang yang memanfaatkan teknologi
penerbitan, sangat mudah diakses dan dimaksudkan untuk memfasilitasi komunikasi,
pengaruh dan interaksi dengan sesama dan dengan khalayak umum” (Nasrullah. ,
2015). Berikut ini adalah contoh dari beberapa media soaial tersebut :
- Instagram
Instagram adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk membagi-
bagikan foto dan video. Instagram sendiri masih merupakan bagian dari
facebook yang memungkinkan teman facebook kita mem-follow akun
instagram kita. Makin populernya instagram sebagai aplikasi yang
digunakan untuk membagi foto membuat banyak pengguna yang terjun ke
bisnis online turut mempromosikan produk-produknya lewat Instagram
(Nisrina, 2015)
a. Kelebihan instagram
Keamanan dan Privasi Bagi Penggunanya pada Instagram dinilai
sangat ketat. Mempunyai fitur unik dan menarik yaitu saat kita
selesai membuat foto atau pun video pada aplikasi instagram, kita
bisa menambahkan efek dan filter lucu dan menarik yang tersedia.
Dan dapat melakukan siaran langsung, Selain itu Instagram juga
menyediakan fitur akun bisnis bagi penggunanya Untuk pengguna
yang memiliki bisnis, instagram memiliki fitur yang sangat
memudahkan kita dalam menjalani bisnis. Dengan mengubah akun
pribadi menjadi akun bisnis, kita bisa melakukan promosi, membuat
katalog, dan menentukan target market yang sesuai dengan bisnis
yang kita jalani.
Kekurangan Instagram
Instagram terus mengembangkan fitur - fitur baru secara berkala.
Namun, pengguna bisa menikmati fitur baru tersebut setelah kita
meng-update aplikasi Instagram, oleh karena itu pengguna harus
melakukan update secara berkala. Kemudian, Instagram juga cukup
banyak menghabiskan paket data. Salah satu akibat dari update
aplikasi yang dilakukan secara berkala adalah semakin besar juga
paket data yang digunakan. Ditambah lagi saat ini Instagram lebih
memfokuskan pada video dari pada foto. Sehingga akan
menghabiskan cukup banyak paket data jika menggunakan aplikasi
Instagram. - TikTok
Tiktok merupakan aplikasi yang memberikan efek spesial, unik dan
menarik yang bisa digunakan oleh para pengguna aplikasi ini dengan mudah
untuk membuat video pendek yang keren dan bisa menarik perhatian banyak
orang yang menontonnya. Aplikasi Tiktok adalah sebuah jejaring sosial dan
platform video musik tiongkok yang diluncurkan pada september 2016.
Aplikasi ini adalah aplikasi pembuatan video pendek dengan didukung
musik, yang sangat digemari oleh orang banyak termasuk orang dewasa dan
anak-anak dibawah umur.
a. Kelebihan TikTok
Tiktok memiliki tampilan yang unik dan menarik. Tampilan dalam
aplikasi TikTok memiliki ciri khas sendiri yang menjadi keunggulan
dan beda. Tampilannya yang simple dan mudah diakses menjadikan
nyaman bagi para penggunanya.Tidak hanya itu saja TikTok juga
menawarkan berbagai fitur salah satunya tampilan video yang jernih
dan nyata. Hal ini juga bisa dinikmati di TikTok, karena sesuai tujuan
utama aplikasi ini untuk membuat video yang berbeda dari yang lain
dan menawarkan kualitas yang bagus, selain itu video yang
ditawarkan sangatlah singkat dan berdurasi kurang lebih 1 sampai
10 menit. Dengan durasi yang singkat para pengguna lama maupun
baru akan merasa lebih nyaman dan tidak merasa bosan saat
menggunakannya.
b. Kekurangan TikTok
kekurangan pertama dari TikTok yaitu masih banyak terdapat video
dan konten yang tidak bertanggungjawab. Konten tersebut sengaja
dibuat untuk kepentingan individu dan supaya viral. Dampak negatif
tersebut segera mungkin diperbaiki supaya para penggunanya bisa
nyaman dalam menumbuhkan kreatifnya. Selain itu aplikasi TikTok
yang masih terlalu besar. Dan yang terakhir yaitu masih terdapat
banyak pemblokiran akun. Maksudnya bagi mereka yang memiliki
akun TikTok yang melakukan atau menggunakan TikTok dengan
tidak sewajarnya dan tidak mematuhi aturannya maka akan diblokir.
Pemblokiran akun TikTok ini opsional dan tergantung seberapa berat
pelanggaran yang dilakukan. - Facebook.
Facebook adalah website jaringan sosial dimana para pengguna dapat
bergabung dalam komunitas berdasarkan negara, hobi, kota, kerja, sekolah dan
daerah untuk melakukan komunikasi. Besarnya jumlah pengguna facebook
menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian orang untuk menjadikannya sebagai
media komunikasi dalam kehidupan sehari-hari (Yudhanto & Prasetyo, 2018)
a. Kelebihan Facebook
Salah satu kelebihan dari Facebook adalah dapat dengan mudah
digunakan oleh siapapun. Kemudian Facebook juga memiliki Fitur
Status dan Stories. Dengan adanya fitur ini, pengguna dapat dengan
mudah memposting sebuah status seperti cerita, foto, dan video.
Selain itu juga bisa memposting stories atau story. Selain dua fitur
tersebut, masih banyak lagi Fitur Facebook lain seperti Live
Streaming, Fanspage, Dark Mode, dan masih banyak lagi. Tidak
hanya digunakan sebagai medial sosial saja, facebook juga dapat
digunakan sebagai media promosi produk atau brand bisnis. Dengan
membuat status, stories, ataupun memanfaatkan fitur marketplace.
Pasalnya fb memang sengaja membuat fitur yang bisa pengguna
gunakan untuk mempromosikan produk atau brand produk mereka,
bahkan anda bisa membuat fanspage atau halaman khusus untuk
bisnis yang kemudian dapat dipromosi secara manual ataupun
otomatis dengan membayar biaya promosi ke pihak Facebook atau
lebih dikenal dengan sebutan Facebook Adsense.
b. Kekurangan Facebook
Kekurangan dari sosial media facebook ini karena tidak adanya
fitur pencarian konten sehingga untuk menemukan produk yang
dikehendaki akan sulit. Pada facebook hanya menyediakan fitur
pencarian akun, grup, pengguna lain, dan halaman fanpage.
Sehingga untuk mencari produk yang dikehendaki pengguna lain
harus mengetahui betul nama fanpage baru masuk pada halaman
profil, selain itu banyaknya pengguna facebook dan teman yang
mencapai hingga ribuan kemungkinan postigan iklan produk akan
mudah tenggelam, sebaiknya akun Facebook menggunakan
Facebook ads, karena dengan menggunakan Facebook ads akan,
mempromosikan bisnis secara leluasa. Tanpa terbatas jarak apapun,
kemudian facebook ads mampu menargetkan kepada siapa,
customer seperti apa, yang menjadi target. Mulai dari rentang usia,
jenis kelamin, lokasi, interest dengan begitu produk atau brand yang
dimiliki akan tersampaikan dengan baik kepada orang-orang yang
mempunyai interest terhadap produk yang dijual. - WhatsApp
WhatsApp adalah aplikasi yang dibuat untuk mempermudah manusia
untuk berkomunikasi di era perkembangan teknologi saat ini. Whatsapp
merupakan bagian dari media sosial yang memudahkan semua para
penggunanya untuk dapat saling berbagi nformasi satu sama lain. Penggunaan
WhatsApp telah digunakan oleh hampir seluruh kalangan masyarakat karena
penggunaannya yang terbilang cukup mudah. WhatsApp merupkan aplikasi
berbasis internet yang memudahkan penggunanya pada saat berkomunikasi
dengan menggunaka fitur-fitur yang tersedia (Jumiatmoko, 2016)
a. Kelebihan WhatsApp
WhatsApp sangat mudah digunakan bahkan oleh pemula sekalipun.
Mereka tidak akan kesulitan untuk menggunakan aplikasi ini
meskipun baru pertama kali memakainya, selain itu ada beberapa
fitur yang dapat mendukung kegiatan bisnis. WhatsApp memiliki
Fitur Pesan Otomatis. Fitur pesan otomatis atau auto reply menjadi
salah satu fitur andalan bagi para pelaku bisnis. Fitur ini
memungkinkan untuk mengatur pesan otomatis yang diinginkan
untuk menjawab pelanggan, terutama jika berada di luar jam
operasional. Terdapat tiga fitur dalam Fitur pesan otomatis yaitu
yang pertama adalah Greeting message, yang dapat digunakan
sebagai pesan otomatis terhadap konsumen saat mereka
menghubungi akun WA bisnis untuk pertama kalinya. Kemudian
Quick replies, yang berfungsi untuk membalas cepat seluruh pesan
yang serupa atau Frequently Asked Questions (FAQ) dan yang
terakhir adalah Away message, yang dapat digunakan untuk
merespon pesan konsumen secara otomatis di luar jam operasional
atau ketika sedang sibuk. Dengan adanya fitur tersebut maka tidak
perlu untuk mengetik satu persatu yang tentu saja dapat
membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menjawab chat
pelanggan
b. Kekurangan WhatsApp
Kekurangan WhatsApp adalah adanya limitasi jumlah device. Saat
ini WA Bisnis hanya dapat digunakan pada dua device saja. Apabila
membutuhkan akses di lebih dari dua device, maka harus membuat
akun WA Bisnis lainnya dengan nomor baru. Hal ini sangat tidak
efektif untuk dilakukan oleh bisnis. Kemudian kekurangan yang
selanjutnya adalah tidak dapat mengubah nomor telepon pada akun
WA Business. Jika ingin menggunakan nomor baru, maka Anda
perlu membuat akun WA Bisnis yang juga baru. Selain itu penting
untuk diingat bahwa tidak bisa menggunakan satu nomor yang sama
untuk akun WA Business dan WhatsApp messenger biasa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar