sumberdaya yang diperlukan untuk mencapai tujuan. Strategi adalah alat fundamental
yang direncannakan untuk mencapai tujuan perusahaan dengan mengembangkan
keunggulan pesaing yang berkesinambungan melalui pasar yang dimasuki dan
program pemasaran yang digunakan untuk melayani pasar saluran tersebut
Pemasaran adalah proses menciptakan, mendistribusikan, mempromosikan, dan
menetapkan harga barang, jasa dan gagasan untuk memfasilitasi relasi pertukaran yang
memuaskan dengan para pelanggan dan untuk membangun dan mempertahankan relasi
yang positif dengan para pemangku kepentingan dalam lingkungan yang dinamis
(Tjiptono & Diana, 2020)
Strategi pemasaran yaitu serangkaian tujuan dan sasaran, kebijakan dan aturan
yang memberi arah kepada usaha-usaha pemasaran perusahaan dari waktu ke waktu,
pada masing-masing tingkatan, acuan serta alokasinya, terutama sebagai tanggapan
perusahaan dalam menghadapi lingkungan dan keadaan persaingan yang selalu
berubah (Assauri, 2013)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar