Kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh suatu perusahaan agar
mereknya dibicarakan oleh konsumen merupakan salah satu elemen
penting dari mulut ke mulut. Menurut Sernovitz (2018:32) ada lima
dimensi atau elemen dasar word of mouth yang dikenal dengan 5T, yaitu:
a. Pembicara (Talkers)
Target audience yang membicarakan brand disebut juga influencer.
b. Topik (Topics)
Hal ini berkaitan dengan apa yang dibicarakan oleh pembicara. Topik
ini berkaitan dengan apa yang ditawarkan oleh sebuah merek.
c. Alat (Tools)
Ini adalah alat penyebaran untuk topik dan pembicara. Tema yang ada
juga memerlukan alat yang berguna untuk membuat tema atau pesan
berfungsi.
d. Partisipasi (Talking part)
Ini adalah percakapan yang hilang ketika ada orang yang
membicarakan suatu produk.
e. Pengawasan (Tracking)
Merupakan aksi korporasi untuk memantau dan memantau respon
konsumen. Hal ini dilakukan agar bisnis dapat belajar dari umpan
balik konsumen, positif atau negatif, sehingga bisnis dapat belajar
dari masukan tersebut untuk maju lebih baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar