Sabtu, 28 September 2024

Bauran Promosi


Sunyoto (2012:155) menyatakan dalam promosi terdapat komunikasi
yang harus dibangun pihak produsen kepada konsumennya, apalagi dengan para
pelangganya. Kotler dan Amstrong (2012:408) mengemukakan unsur bauran
promosi adalah:
a. Personal Selling (Penjualan Perorangan)
Kegiatan promosi dimana produk secara langsung ditawarkan
kepada calon pembeli yang dianggap potensial. Bentuk kegiatan promosi ini dapat
dilakukan langsung dengan tatap muka dimana penjual melakukan interaksi
secara aktif serta melakukan presentasi dan menjawab pertanyaan mengenai
produk yang ditawarkan. Bentuk promosi ini dapat membuat penjual dapat
mengetahui keinginan konsumen.
b. Advertising (Periklanan)
Kegiatan promosi yang berkaitan dengan sponsor dimana
mengeluarkan sejumlah uang untuk memperkenalkan produk kepada pasar yang
bisa dilakukan dengan cara konvensional dan modern. Seperti promosi pada
televisi, radio, serta pembagian brosur mengenai produk.
c. Sales Promotion (Promosi Penjualan)
Merupakan bentuk promosi yang menggunakan komunikasi secara
langsung. Dimana penjual melakukan interaksi dengan cara aktif mendatangi
konsumen, serta mempresentasikan dan menjawab pertanyaan mengenai produk
yang ditawarkan. Dengan bentuk promosi ini, penjual dapat mengetahui reaksi
pelanggan dan keinginan konsumen.
d. Public Relations (hubungan masyarakat/publisitas),
Kegiatan promosi yang memiliki ruang lingkup lebih luas daripada
kegitan promosi lainnya. target konsumen dapat berupa badan usaha milik negara
atau usaha-usaha tertentu, bentuk promosi ini dapat menjadi alternatif yang cukup
potensial untuk memberi image bagi konsumen.
e. Direct Marketing (pemasaran langsung).
Kegiatan mempromosikan produk dengan berkomunikasi langsung
tanpa pihak ketiga. Komunikasi ini dilakukan melalui e-mail, SMS, katalog, kartu
pos, dan sebagainya. Perbandingannya dengan personal selling adalah personal
selling dilakukan dengan cara menjual produk secara pribadi. Sementara direct
marketing tidak berbicara langsung namun mengirimkan pesan melalui berbagai
media. Dari teori tersebut disimpulkan pentingnya alat bauran promosi yang
digunakan untuk perusahaan dengan tepat agar promosi dapat berjalan dengan
baik

Tidak ada komentar: