Menurut Ryan & Jones (2009); (Susanti, 2020), Dimensi digital marketing
dari sisi promosi dalam bauran pemasaran antara lain :
- Website
Pada tahun 1989 Tim Berners-Lee, seorang programmer komputer
berkebangsaaan Inggris yang bekerja pada European Pysics Laboratory
(CERN) di Genewa, Swiss, melakukan sesuatu yang berbeda dari apa yang
telah dilakukan sebelumnya. Dia mengkombinasikan hypermedia dengan
sumber-sumber informasi Internet yang sangat luas. Sebelum ada Web, kita
dapat melakukan banyak hal di internet, tetapi tidak satupun dapat dilakukan
dengan mudah.
Jika melakukan pencarian pada laman mesin pencari, akan muncul banyak
referensi mengenai hal yang akan kita cari dengan banyak kesamaan. Pada
website memuat segala informasi mengenai perusahaan meliputi produk atau
layanan suatu bisnis bahkan blog.
Dalam dunia bisnis website menjadi penghubung strategi pemasaran
digital terhadap dunia digital secara keseluruhan, karena website merupakan
pusat kegiatan bisnis online yang telah dibangun. Tidak hanya menjadi suatu
identitas online, tetapi juga untuk membangun citra dan reputasi bisnis yang
terarah langsung ke calon konsumen. - Search Engine Optimization (SEO)
SEO adalah singkatan dari "optimasi mesin pencari". Teknik ini
merupakan upaya untuk mengoptimalkan website kita untuk mencapai
peringkat teratas di hasil pencarian Google. Dengan SEO, website bisa lebih
mudah bagi orang untuk menemukan dan menyerap lebih banyak lintasan.
SEO menjadi bagian terpenting dari website.
Gambar 2.1 Grafik Google menguasai 90% pangsa pasar mesin pencari
(Sumber:Statista)
SEO Google cukup menentukan keberhasilan Web, dengan tingkat SEO
yang tinggi, website akan menjaring lebih banyak potensi traffic. Pada grafik di
atas diketahui sekitar 53% traffic website datang dari pencarian organic (SEO).
Pencarian organic yaitu aktivitas pencarian informasi dengan memasukkan
keyword tertentu pada mesin pencari. Dan bukan sekedar traffic, jangkauan
audiens juga sesuai dengan tujuan situs (meningkatkan branding, kegiatan
transaksi, sumber informasi, dll). - Search Engine Marketing (SEM)
Meski terdengar mirip, SEO adalah hal yang berbeda dengan SEM
(Search Engine Marketing). Perbedaan SEM dan SEO yaitu pada fokusnya.
SEO Google fokus untuk meningkatkan performa website,
sedangkan SEM fokus menjaring hasil (traffic hingga konversi) secara instan.
Meskipun SEM mampu mendatangkan hasil secara instan, bukan berarti
SEO website tidak efektif. Terbukti pada 70-80% orang mengabaikan hasil
pencarian berbayar dan lebih memilih konten yang naik secara organik. Sebab,
banyak orang malas mengklik konten yang ada embel-embel iklannya.
(https://www.niagahoster.co.id/blog/apa-itu-seo/) - Social Media
Sosial media dapat menjadi jembatan untuk membangun komunikasi
dengan audiens/calon konsumen, cara yang praktis dan menyenangkan karena
dapat menjalin komunikasi secara langsung dengan konsumen. Dan tidak
menutup kemungkinan juga untuk mendapatkan konsumen baru ketika kita
melakukan promosi pada produk yang kita jual. Segala kemudahan komunikasi
ini dapat membuat konversi penjualan kita semakin menaik.
Pemanfaatan platform social media untuk mempromosikan produk/jasa
mengacu pada situs atau website, yaitu tempat berkumpulnya banyak orang
tanpa pembatasan dan memiliki jalur yang meluas. Pemanfaatan jenis platform
pada social media semakin beragam sehingga memunculkan beragam Teknik
marketing yang dapat disesuaikan dengan platform yang akan digunakan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar