Pertiwi & Gusfa (2018:48-49) menjelaskan bahwa terdapat 5 faktor yang
harus diperhatikan dari content marketing supaya tercipta strategi yang menarik
dan harmoni, yaitu sebagai berikut:
- Design
Design berkaitan dengan tampilan visual dari konten yang dibuat.
Faktor ini memerhatikan font, warna, dan tata letak, sehingga tercipta
estetika yang dapat dinikmati dan memudahkan konsumen untuk
memahami konten. Karena konten yang menarik tidak akan membawa
pengaruh besar apabila tidak diseimbangkan dengan design yang
dibuat. - Current Events
Current events merupakan konten yang berisi informasi mengenai
suatu kejadian atau fenomena yang sedang berlangsung pada suatu
waktu. Memerhatikan faktor ini merupakan salah satu upaya
perusahaan untuk bisa relevan dan menjalin interaksi dengan
konsumen. - The Reading Experience
Perusahaan mengunggah konten tentu dengan harapan supaya
dapat dinikmati dan dikonsumsi dengan baik oleh konsumen. Maka,
selain memerhatikan faktor design dan current events, perlu juga
memerhatikan reading experience. Dalam faktor ini, diharapkan
perusahaan menggunakan bahasa maupun istilah yang mudah dicerna
oleh target konsumen. Selain itu, perusahaan juga dapat mengatur
kualitas konten (foto dan video) untuk menunjang pengalaman
membaca konsumen. - Timing
Timing berkenaan dengan waktu dan frekuensi unggahan konten.
Content marketing yang baik ialah konten yang konsisten pada frekuensi
dan intensitasnya. Mengunggah konten pada prime time dapat
meningkatkan peluang untuk konten bisa segera dilihat oleh konsumen. - Tone
Tone merupakan faktor kesesuaian antara konten perusahaan
dengan target konsumennya. Produk (barang maupun jasa) yang
ditawarkan oleh perusahaan baiknya disampaikan kepada konsumen
dalam komunikasi yang sesuai dengan target konsumen yang
ditentukan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar