Sabtu, 28 September 2024

Faktor-Faktor Content Marketing


Pertiwi & Gusfa (2018:48-49) menjelaskan bahwa terdapat 5 faktor yang
harus diperhatikan dari content marketing supaya tercipta strategi yang menarik
dan harmoni, yaitu sebagai berikut:

  1. Design
    Design berkaitan dengan tampilan visual dari konten yang dibuat.
    Faktor ini memerhatikan font, warna, dan tata letak, sehingga tercipta
    estetika yang dapat dinikmati dan memudahkan konsumen untuk
    memahami konten. Karena konten yang menarik tidak akan membawa
    pengaruh besar apabila tidak diseimbangkan dengan design yang
    dibuat.
  2. Current Events
    Current events merupakan konten yang berisi informasi mengenai
    suatu kejadian atau fenomena yang sedang berlangsung pada suatu
    waktu. Memerhatikan faktor ini merupakan salah satu upaya
    perusahaan untuk bisa relevan dan menjalin interaksi dengan
    konsumen.
  3. The Reading Experience
    Perusahaan mengunggah konten tentu dengan harapan supaya
    dapat dinikmati dan dikonsumsi dengan baik oleh konsumen. Maka,
    selain memerhatikan faktor design dan current events, perlu juga
    memerhatikan reading experience. Dalam faktor ini, diharapkan
    perusahaan menggunakan bahasa maupun istilah yang mudah dicerna
    oleh target konsumen. Selain itu, perusahaan juga dapat mengatur
    kualitas konten (foto dan video) untuk menunjang pengalaman
    membaca konsumen.
  4. Timing
    Timing berkenaan dengan waktu dan frekuensi unggahan konten.
    Content marketing yang baik ialah konten yang konsisten pada frekuensi
    dan intensitasnya. Mengunggah konten pada prime time dapat
    meningkatkan peluang untuk konten bisa segera dilihat oleh konsumen.
  5. Tone
    Tone merupakan faktor kesesuaian antara konten perusahaan
    dengan target konsumennya. Produk (barang maupun jasa) yang
    ditawarkan oleh perusahaan baiknya disampaikan kepada konsumen
    dalam komunikasi yang sesuai dengan target konsumen yang
    ditentukan.

Tidak ada komentar: