Jumat, 27 September 2024

Integrated Marketing Communication (IMC)

Terdapat beberapa pengertian mengenai Integrated Marketing
Communication menurut ahli. Menurut jurnal Fajar (2017) seorang ahli
bernama Fitzerpatrik, Integrated Marketing Communication adalah sebuah
langkah yang melalui satu pendekatan terintegrasi untuk mencapai efisiensi
melalui sinergi dengan memadukan fungsi-fungsi komunikasi yang berbeda
sehingga organisasi dapat berbicara dengan satu suara dan satu pandangan.
Sedangkan menurut Smith, P.R & Ze Zook Integrated Marketing
Communication merupakan bentuk dari komunikasi pemasaran yang
terpadu dalam sebuah organisasi. Semua organisasi modern baik perusahaan
bisnis maupun nirlaba, menggunakan berbagai bentuk komunikasi
pemasaran untuk mempromosikan apa yang mereka tawarkan dan mencapai
tujuan finansial maupun non finansial. Bentuk utama dari komunikasi
pemasaran meliputi : 1. Iklan (advertising), 2. tenaga penjualan (sales
promotion), 3. Pemasaran langsung (direct marketing), 4. Hubungan
masyarakat (public relations), 5. Sponsorship, 6. Pameran (exhibitions), 7.
Kemasan (packaging), 8. Merchandising, 9. Selling & sales manajemen, 10.
Media sosial dan Websites

Tidak ada komentar: