Sabtu, 28 September 2024

Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen


Menurut Zeithalm & Bitner (2000); (NATSIR & MIMI, 2018), ketika
menentukan kepuasan konsumen ada lima faktor yang harus diperhatikan oleh
perusahaan, antara lain:

  1. Kualitas produk, yaitu pelanggan akan merasa puas bila hasil mereka
    menunjukkan bahwa produk yang mereka gunakan berkualitas.
  2. Kualitas pelayanan atau jasa, yaitu pelanggan akan merasa puas bila mereka
    mendapatkan pelayanan yang baik atau sesuai dengan yang diharapkan.
  3. Harga, yaitu produk yang mempunyai kualitas yang sama tetapi menetapkan
    harga yang relatif murah akan memberikan nilai yang lebih tinggi kepada
    pelanggan.
  4. Kondisi Konsumen, yaitu suatu keadaan atau situasi yang di alami oleh
    konsumen yang dipengaruhi oleh keadaan internal atau eksternal, bersifat tidak
    dapat di prediksi dan berubah-ubah.
  5. Karakter Konsumen, yaitu karakter yang dimiliki oleh konsumen yang
    dipengaruhi oleh sifat, selera hingga latar belakang konsumen.

Tidak ada komentar: