Menurut Zeithalm & Bitner (2000); (NATSIR & MIMI, 2018), ketika
menentukan kepuasan konsumen ada lima faktor yang harus diperhatikan oleh
perusahaan, antara lain:
- Kualitas produk, yaitu pelanggan akan merasa puas bila hasil mereka
menunjukkan bahwa produk yang mereka gunakan berkualitas. - Kualitas pelayanan atau jasa, yaitu pelanggan akan merasa puas bila mereka
mendapatkan pelayanan yang baik atau sesuai dengan yang diharapkan. - Harga, yaitu produk yang mempunyai kualitas yang sama tetapi menetapkan
harga yang relatif murah akan memberikan nilai yang lebih tinggi kepada
pelanggan. - Kondisi Konsumen, yaitu suatu keadaan atau situasi yang di alami oleh
konsumen yang dipengaruhi oleh keadaan internal atau eksternal, bersifat tidak
dapat di prediksi dan berubah-ubah. - Karakter Konsumen, yaitu karakter yang dimiliki oleh konsumen yang
dipengaruhi oleh sifat, selera hingga latar belakang konsumen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar