Pemasaran ialah peristiwa hakiki dengan diturunkan dari taktik perseroan
pada industri dan merupakan bagian integral dari dunia bisnis. Definisi
pemasaran yang berbeda muncul di antara pemasar, masing-masing berbeda
satu sama lain, tetapi pada dasarnya melayani tujuan yang sama.
Menurut Kotler dan Keller (2016:27) menyatakan bahwa “Pemasaran
yaitu suatu pekerjaan, seperangkat badan serta sistem guna mewujudkan,
hubungan, mengantarkan. Serta memindahkan penunjukan adapun bagi
nasabah, pengguna, partner usaha, serta penduduk umumnya”.
Sementara itu, Fandy Tjiptono (2016:3) menyatakan maka “Pemasaran
adalah suatu kegiatan, suatu kegiatan di dalam organisasi pada proses
mewujudkan, hubungan, mengantarkan, serta memindahkan penunjukan
bahwa cocok untuk nasabah, partner usaha, dengan penduduk umum”.
Sedangkan menurut A. Shimp, Priansa (2017:31) menyatakan bahwa
“Pemasaran adalah kegiatan usaha serta institusi lain membuat perubahan
anggaran batas usaha, industri serta konsumen”.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar