Semakin berkembangnya zaman, semakin berkembang pula pola
komunikasi masyarakat. Pergeseran ini karena memasuki era digital dimana segala
aktifitas dapat dilakukan secara online. Penggunaan signifikan terhadap media juga
semakin terlihat. Komunikasi online menjadi pilihan selain interaksi secara
langsung. Oleh karena itu, proses pemasaran menjadi cepat dan luas. Pemasaran
media sosial menjadi sarana komunikasi penting dan semakin dibutuhkan bagi
penyedia produk dan layanan serta konsumen (Ramadhani et al., 2023).
Sebagai media komunikasi pemasaran, pembuatan konten atau pesan harus
diperhatikan. Komponen penting dari komunikasi, termasuk komunikasi
pemasaran, adalah pesan atau konten. Istilah "pemasaran konten" kemudian
digunakan untuk mendeskripsikan konten ini. Menawarkan konten yang relevan
dengan target pasar baik media cetak maupun digital adalah dasar dari content
marketing. Konsekuensinya, konten harus disesuaikan dengan kebutuhan audiens
target. Hasil dari situasi ini adalah fenomena yang dikenal sebagai "media rent to
media own". Pemasaran konten diatur sesuai dengan target pasar melalui strategi
naratif agar pemasaran konten lebih mudah diterima oleh audiens. Hal ini
menjadikan konten harus dirancang sedemikian rupa sampai mencapai efek yang
diinginkan. Karena konten yang merujuk pada pemasaran digital semakin
signifikan, hanya konten yang dikemas dengan baik yang dapat menarik minat
audiens
Tidak ada komentar:
Posting Komentar