Jumat, 27 September 2024

Bentuk Integrated Marketing Communication (IMC)


Menurut jurnal Lubis & Sulviawati (2013) menjelaskan bahwa
terdapat beberapa jenis bentuk utama dalam konsep Integrated Marketing
Communication (IMC) yaitu :

  1. Iklan (Advertising)
    Iklan adalah bentuk komunikasi nonpersonal mengenai suatu
    organisasi, produk, servis, atau ide yang dibayar oleh satu sponsor yang
    diketahui. Maksud dibayar dalam konteks tersebut adalah fakta bahwa
    ruang atau waktu bagi suatu pesan iklan pada umumnya harus dibeli.
    Sedangkan maksud nonpersonal berarti iklan pada umumnya tidak
    tersedia kesempatan untuk mendapatkan umpan balik yang segera dari
    penerima pesan kecuali dalam hal direct response advertising.
    Pemasangan iklan juga mempunyai pengaruh yang kuat karena iklan
    memungkinkan perusahaan untuk mendramatisasi produk-produknya
    melalui penggunaan citra visual, cetak, suara, dan warna yang cerdik
    (Darmawangsa, 2016). Media penyampaian pesan dalam periklanan
    terdapat dua jenis yaitu iklan Above The Line (ATL) dan Below The
    Line (BTL). Iklan media above the line adalah media yang bersifat
    massa dimana khalayak sasaran berjumlah besar dan pesan iklan
    menerpa secara serempak. Contohnya seperti iklan media cetak,
    majalah, surat kabar, televisi, film, tabloid, radio, internet. Sedangkan
    iklan below the line merupakan iklan yang menggunakan media khusus
    yaitu spanduk, poster, baliho, x-banner, point of purchase (POP),
    pamphlet, stiker, dan lain sebagainya. Untuk iklan jenis ini kegiatan
    promosi biasanya berupa pengadaan event.
  2. Promosi Penjualan (Sales Promotions)
    Jenis ini berorientasi pada aksi yang mendorong para pembeli untuk
    membeli atau paling sedikit mencoba produk ataupun jasa yang
    ditawarkan.
  3. Pemasaran Langsung (Direct Marketing)
    Kegiatan pemasaran langsung atau direct marketing dilakukan dengan
    cara mengirim surat secara langsung (direct mail) yang telah diterapkan
    juga pada internet.
  4. Hubungan Masyarakat (Public Relations)
    Mengembangkan dan memelihara hubungan baik dengan publik yang
    berbeda-beda.
  5. Sponsorship
    Sponsorship bertujuan untuk membantu pihak lain dengan sungguh
    sungguh secara terus menerus untuk mencapai tujuan khusus dari
    sebuah tujuan komunikasi.
  6. Pameran (Exhibition)
    Sebuah media yang yang membawa seluruh pasar (pembeli, penjual dan
    kompetitor) berada pada satu tempat untuk beberapa hari. Disini para
    pnejual produk dan jasa bertemu dan mendemontrasikan atau
    mencobanya serta mendapatkan kontak baru dalam pengambilan
    keputusan yang berjumlah besar dalam satu waktu yang singkat

Tidak ada komentar: