Saluran media digital merupakan sarana dalam mengkampanyekan semua produk
dari hasil produksi. Saluran digital sendiri bertujuan agar dapat memberikan para
konsumen di marketplace kemudahan dengan menitik beratkan pada peng
kampanyekan media yang meliputi dari produk itu sendiri baik dari segi keunikan dan
menitik beratkan pula pada keinginan serta kebutuhan dari kampanye melalui saluran
media digital. Dengan demikian hasil dari kampanye produk tersebut kemudian akan
mudah dilihat oleh massa sehingga hasil dari kampanye tersebut membuat konsumen
membeli baik secara offline maupun online.
Dalam saluran media digital ini sendiri terdapat beberapa hal yang fundamental untuk
saluran media digital. Setidaknya ada enam saluran media digital menurut (Chaffey,
2015) sebagai berikut:
1) SEM (Search Engine Marketing)
Search Engine Marketing merupakan strategi di mana para marketer memasarkan
produknya melalui Search engine Marketing dengan teknik parse atau word key yang
dapat merujuk dalam produk yang dituju di marka atau halaman utama, dalam salah
satu situs web maupun aplikasi-aplikasi marketplace lainnya. Biasanya dalam SEM
sendiri menggunakan metode PPC (Pay-per-Click) atau bayar per klik, PPC ini sendiri
merupakan sebuah metode saling menguntungkan antara pemilik situs dan pengunjung
web, PPC yang awam dikenal dalam dunia digital marketing adalah Google Adsense.
Dalam PPC sendiri ini menggunakan search engine optimization (SEO), SEO
merupakan proses dari pengaturan sebuah konten untuk website maupun lainnya dalam
kegiatan menelusuri pencarian frasa agar mudah ditemukan oleh para Penggunaan
internet yang otomatis menjadi hide line dalam setiap frase pencarian.
2) Online Public Relations (OPR)
Online public relations merupakan sebuah kegiatan interaksi ke humas antara
pemilik akun dengan para konsumen. Hal ini bertujuan agar setiap kegiatan interaksi
online marketing yang dilakukan dapat berjalan dengan baik melalui respon yang baik
dari pemilik akun itu sendiri atau yang lebih dikenal dengan sebutan admin website
maupun aplikasi marketplace sendiri.
3) Online Partnerships
Online partnership merupakan pola dimana kegiatan digital marketing
menggunakan metode kemitraan dengan organisasi maupun perusahaan dalam
membangun digital marketing, contohnya seorang marketing membutuhkan seseorang
yang handal dalam dunia Desain Komunikasi Visual untuk membuat produknya
semakin menarik. Contoh yang lain misalnya demi untuk menjaga kestabilan modal
usaha seorang marketer bekerjasama dalam membangun usahanya melalui investasi
dari perusahaan atau organisasi. Simpel nya online partnership adalah tentang
bagaimana cara membangun keberlangsungan dalam manajemen di partner bisnis
market.
4) Interactive advertising
Interactive advertising adalah penyediaan iklan seperti banner maupun iklan
multimedia guna lebih meningkatkan daya tarik calon konsumen. Interactive
advertising merupakan kumpulan adsense yang telah dibuat sebelumnya berdasarkan
hasil dari riset produk yang telah diproduksi agar menarik perhatian calon konsumen
itu sendiri sehingga hal tersebut dapat mendorong daya beli yang semakin tinggi.
5) Opt-in email Marketing
Opt in email Marketing merupakan usaha yang dilakukan untuk menambah daftar
kontak calon konsumen yang dilakukan melalui email. Hal ini bertujuan agar calon
konsumen sendiri dapat langsung mendapatkan newsletter sekaligus dapat
berlangganan untuk sebuah produk yang ditawarkan. Bukan hanya itu saja, hal ini pun
dapat memuat tips-tips atau penawaran produk seperti diskon yang dikirim melalui
email, tentunya hal tersebut hanya akan ditujukan pada konsumen yang telah
memberikan email.
6) Sosial Media Marketing
Social media marketing, merupakan elemen selanjutnya yang penting, sosial media
dapat mengoptimalkan jalannya online marketing, dalam sosial media pun seorang
marketer dapat membuat grup konsumen atau pembeli yang dimana ini pun sebagai
langkah dalam mempertahankan konsumen itu sendiri. sosial media yang sering
digunakan dewasa ini dalam online marketing seperti, Instagram, facebook
marketplace, whatsapp, dan plat from digital marketing lain seperti tik tok Shopee,
Shopee, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu social media marketing sangat dibutuhkan
untuk keberlangsungan digital marketing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar