Sabtu, 28 September 2024

Elemen Kepuasan Konsumen


Menurut Wilkie (1994); (Suryani & Rosalina, 2019) ada lima elemen yang
menyangkut kepuasan konsumen, yaitu :

  1. Harapan (expectations)
    Harapan konsumen terhadap suatu barang atau jasa terbentuk sebelum
    konsumen membeli barang atau jasa tersebut. Konsumen mengharapkan
    barang dan jasa yang mereka terima untuk memenuhi harapan, keinginan dan
    keyakinan mereka saat mereka menyelesaikan proses pembelian. Produk dan
    jasa yang memenuhi harapan konsumen memberikan rasa kepuasan kepada
    konsumen.
  2. Kinerja (performance)
    Konsumen mengalami kinerja kehidupan nyata saat menggunakan
    produk dan layanan, tidak terpengaruh oleh harapan. Konsumen puas ketika
    pengiriman barang dan jasa yang sebenarnya berhasil.
  3. Perbandingan (camparison)
    Hal ini dilakukan dengan membandingkan kinerja yang diharapkan dari
    barang atau jasa sebelum membeli dengan kinerja aktual barang atau jasa yang
    dirasakan. Konsumen senang bahwa harapan pra-pembelian mereka sesuai atau
    melebihi persepsi mereka tentang kinerja produk yang sebenarnya.
  4. Pengalaman (experience)
    Harapan konsumen dipengaruhi oleh pengalaman mereka terhadap
    penggunaan merek dari barang atau jasa yang berbeda dari orang lain.
  5. Konfirmasi (comfirmation) dan dikonfirmasi (disconfirmation)
    Konfirmasi atau terkonfirmasi terjadi jika harapan sesuai dengan kinerja
    aktual produk. Sebaliknya diskonfirmasi atau tidak terkonfirmasi terjadi ketika
    harapan lebih tinggi atau lebih rendah dari kinerja aktual produk. Konsumen
    akan merasa puas ketika terjadi confirmation /disconfirmation

Tidak ada komentar: