Menurut Wilkie (1994); (Suryani & Rosalina, 2019) ada lima elemen yang
menyangkut kepuasan konsumen, yaitu :
- Harapan (expectations)
Harapan konsumen terhadap suatu barang atau jasa terbentuk sebelum
konsumen membeli barang atau jasa tersebut. Konsumen mengharapkan
barang dan jasa yang mereka terima untuk memenuhi harapan, keinginan dan
keyakinan mereka saat mereka menyelesaikan proses pembelian. Produk dan
jasa yang memenuhi harapan konsumen memberikan rasa kepuasan kepada
konsumen. - Kinerja (performance)
Konsumen mengalami kinerja kehidupan nyata saat menggunakan
produk dan layanan, tidak terpengaruh oleh harapan. Konsumen puas ketika
pengiriman barang dan jasa yang sebenarnya berhasil. - Perbandingan (camparison)
Hal ini dilakukan dengan membandingkan kinerja yang diharapkan dari
barang atau jasa sebelum membeli dengan kinerja aktual barang atau jasa yang
dirasakan. Konsumen senang bahwa harapan pra-pembelian mereka sesuai atau
melebihi persepsi mereka tentang kinerja produk yang sebenarnya. - Pengalaman (experience)
Harapan konsumen dipengaruhi oleh pengalaman mereka terhadap
penggunaan merek dari barang atau jasa yang berbeda dari orang lain. - Konfirmasi (comfirmation) dan dikonfirmasi (disconfirmation)
Konfirmasi atau terkonfirmasi terjadi jika harapan sesuai dengan kinerja
aktual produk. Sebaliknya diskonfirmasi atau tidak terkonfirmasi terjadi ketika
harapan lebih tinggi atau lebih rendah dari kinerja aktual produk. Konsumen
akan merasa puas ketika terjadi confirmation /disconfirmation
Tidak ada komentar:
Posting Komentar