Strategi merupakan penentu tujuan dan sasaran pokok jangka panjang
perusahaan, serta penerapan serangkaian tindakan dan alokasi sumber daya yang
dibutuhkan untuk mewujudkan tujuan tersebut.
Strategi adalah langkah-langkah yang harus dijalankan oleh suatu
perusahaan untuk mencapai tujuan. Kadang-kadang langkah yang harus dihadapi
terjal dan berliku-liku, namun ada pula langkah yang relatif mudah. Disamping itu
banyak rintangan atau cobaan yangdihadapi untuk mencapai tujuan. Oleh karena
itu, setiap langkah harusdijalankan secara hati-hati dan terarah. (Kasmir, 2016: 186)
Pengertian Strategi lainnya, seperti yang diungkapkan oleh Swastha
“Strategi adalah serangkaian rancangan besar yang menggambarkan
bagaimana sebuah perusahaan harus beroperasi untuk mencapai tujuannya.”
(Hermawan, 2012: 33)
Berdasarakan pengertian di atas, menurut peneliti strategi adalah suatu
langkah-langkah yang harus dimiliki oleh suatu perusahaan untuk tercapainya
tujuan perusahaan. Sementara itu, strategi dapat juga diartikan sebagai “objectives”
dan “plan” atau “planning”, dimana strategi itu terdiri dari:
- Strategi sistem/teknologi informasi, yakni pilihan-pilihan utama yang
memusatkan perhatian pada implementasi dan penggunaan sistem
informasi berbasis teknologi pada suatu perusahaan. - Strategi bisnis yang merupakan pilihan-pilihan utama yang menentukan
positioning perusahaan dalam area bisnis (Porter, 1980: 81). Pada
literatur yang lain, penyelarasan strategic didefinisikan sebagai:
a. Hubungan, dimana tujuan sistem informasi spesifik kebutuhan
pemakai sesuai dengan tujuan organisasi.
b. Kemitraan, yang mana digunakan untuk menggambarkan hubungan
pekerjaan yang merefleksikan komitmen jangka panjang, kerjasama
saling menguntungkan, pembagian risiko dan manfaat dan konsisten
pada kualitas dengan konsep dan teori pada pembuatan keputusan
secara partisipatif.
c. Derajat sumber daya yang diarahkan untuk masing-masing dari
tujuh dimensi strategi sistem informasi yang konsisten dengan
kekuatan pada penekanan organisasi pada masing-masing hubungan
tujuh dimensi strategi bisnis: agresif, analisis, defensif, masa
mendatang, inovatif, proaktif, dan berisiko.
d. Pengembangan pada dukungan strategi sistem informasi/teknologi
informasi dan didukung oleh strategi bisnis.
e. Integrasi kesesuaian internal dan fungsional antara strategi bisnis
dan strategi sistem informasi/teknologi informasi dan bagaimana
strategi ini penting untuk mendapatkan keunggulan kompetitif.
Derajat dukungan misi, tujuan, dan rencana teknologi informasi dan
didukung oleh rencana, tujuan, dan misi bisnis (Rusmana, 2009: 8)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar