Sabtu, 28 September 2024

Promosi Penjualan (Sales Promotions)


Promosi Penjualan merupakan rangsangan langsung yang ditujukan kepada
konsumen untuk melakukan pembelian. Banyaknya jenis promosi penjualan
termasuk di dalamnya penurunan harga, pemberian diskon melalui kupon,
rabat, kontes dan undian, prangko dagang, pameran dagang dan eksebisi,
contoh gratis, serta hadiah membuat promosi penjualan mempengaruhi
konsumen. Semua kegiatan yang dimaksudkan untuk meningkatkan arus
barang atau jasa dari produsen sampai pada penjualan akhirnya. Sales
promotion dapat diberikan kepada:
a. Customer, berupa freeoffers, samples, demonstrations, coupons, cash
refunds, prized, contest (lomba), dan warranties (garansi).
b. Intermediaries (penyalur), berupa free goods, discount, advertising
allowances, cooperative advertising, distrtion contests, awards.
c. Sales force (salesman), berupa bonus, penghargaan, contest dan hadiah
buat tenaga penjual terbaik (prized for best performer).
Suatu promosi penjualan mendorong seseorang untuk mengambil produk di
toko eceran dan mencobanya dengan cara menawarkan sesuatu yang nyata
seperti hadiah, penurunan harga atau apapun bentuknya. Ringkasnya,
sebagian besar promosi penjualan diorientasikan pada pengubahan perilaku
pembelian konsumen yang segera. Alat-alat Promosi Penjualan (Sales
Promotion) Menurut Kotler (2005) menyatakan alat-alat sales
promotionterdiri dari:
a. Sampel. Sejumlah kecil produk yang ditawarkan kepada konsumen
untuk dicoba.
b. Kupon Sertifikat yang memberi pembeli potongan harga untuk
pembelian produk tertentu.
c. Tawaran pengembalian uang (rabat) Tawaran untuk mengembalikan
sebagian uang pembelian suatu produk kepada konsumen yang
mengirimkan “bukti pembelian” ke perusahaan.
d. Paket Harga (transaksi potongan harga/diskon) Menawarkan kepada
konsumen
e. Premium (hadiah pemberian) Barang yang ditawarkan secara cuma-
cuma atau dengan harga sangat miring sebagai insentif untuk membeli
suatu produk
f. Program frekuensi Program yang memberikan imbalan yang terkait
dengan frekuensi dan intensif konsumen membeli produk atau jasa
perusahaan tersebut.
g. Kontes, undian, dan permainan Kegiatan promosi yang memberikan
konsumen peluang untuk memenangkan sesuatu seperti uang tunai,
perjalanan atau barang entah dengan keberuntungan atau dengan usaha
ekstra.
h. Imbalan berlangganan Uang tunai atau hadiah lain yang ditawarkan
bagi penggunaan suatu produk atau jasa perusahaan.
i. Pengujian gratis Mengundang calon pembeli menguji-coba produk
tanpa biaya dengan harapan mereka akan membeli.
j. Garansi produk Janji eksplisit atau implisit penjual bahwa produk
tersebut akan bekerja sebagaimana telah ditentukan.
k. Promosi bersama Dua atau lebih merk perusahaan bekerja sama dengan
kupon, pengembalian uanga, dan kontes untuk meningkatkan daya
tarik.
l. Promosi – silang Menggunakan suatu merk untuk mengiklankan merk
lain yang tidak bersaing.
m. Point of purchase Display atau peragaan yang berlangsung ditempat
pembayaran atau penjualan

Tidak ada komentar: