Menurut Jagdish & Sharma ( 2005 ,p612 ), e-marketing menciptakan
perubahan prilaku yang mendasar dalam bisnis dan konsumen serupa
dengan yang terkait dengan pengenalan mobil dan telepon yang mengurangi
kebutuhan untuk pendekatan channel. e-marketing menggunakan internet
sebagai platform yang memungkinkan perusahaan untuk beradaptasi
dengan kebutuhan pelanggan, mengurangi biaya transaksi, dan
memungkinkan pelanggan untuk berpindah kapan dan dimanasaja tanpa
menghawatirkan tempat dan waktu.
Bedasarkan pendapat Mohammed et.al ( 2003 p96-p97 ) pengaruh
internet marketing terhadap strategi pemasaran perusahaan ada 4 cara yakni:
- Peningkatan segmentasi Dengan adanya internet segmentasi
pasar semakin luas, karena jangkauan pemasaran semakin
luas. Internet tidak membatasi luasnya jangkauan pemasaran
karena seluruh konsumen di seluruh dunia dapat
mengaksesnya dengan mudah. - Mengembangkan strategi lebih cepat dalam cycle time
Dengan adanya alur perputaran waktu yang lebih cepat dan
mudah maka strategi pemasaran dapat dengan lebih cepat
pula dikembangkan. - Peningkatan pertanggung jawaban dari usaha pemasaran
Informasi yang dapat diperoleh dengan cepat dan mudah
dapat meningkatkan strategi perusahaan untuk dapat lebih
meningkat. Sehingga pemasaran dapat dilakukan dengan
lebih transparan. - Peningkatan integrasi strategi pemasaran dengan strategi
operasional bisnis. Adanya integrasi antara strategi
pemasaran perusahaan dan strategi pemasaran melalui
internet akan meningkatkan strategi bisnis dan strategi
operasiona
Tidak ada komentar:
Posting Komentar