Digital Marketing adalah salah satu kegiatan promosi dan mencari pasar
dengan melalui media digital dan secara online. Pemasaran digital adalah sebuah
penggunaan teknologi elektronik terutama dalam bentuk teknologi informasi
untuk melakukan segala proses bisnis termasuk didalamnya kegiatan jual beli
produk, jasa dan informasi, meningkatkan permintaan, melayani pelanggan
dengan sentuhan digital (Lestari, 2020). Tujuan digital marketing adalah untuk
mempromosikan produk suatu usaha dan meningkatkan penjualan dengan
berbagai teknik digital marketing. Widiastuti & Surendra (2020) berpendapat
bahwa pesatnya perkembangan digital marketing di Indonesia disebabkan oleh
peningkatan populasi pengguna internet yang telah mencapai 265,4 juta orang
atau melebihi hampir seluruh penduduk Indonesia. Menurut Ikhsan (2022), ada
beberapa langkah dalam memulai strategi digital marketing yaitu:
a. Menentukan tujuan, budget dan target pasar yang pada hasil
akhirnya akan diukur tingkat keberhasilannya.
b. Memilih channel marketing yang sesuai.
c. Membagikan pesan promosi semenarik mungkin agar dapat
dimengerti oleh audiens.
d. Memanfaatkan peran digital ads yang membantu dalam
menjalankan campaign digital marketing yang cepat.
e. Melakukan evaluasi campaign untuk mengukur tingkat keberhasilan
dan membantu dalam membuat campaign selanjutnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar