Jumat, 27 September 2024

Media Sosial Sebagai Media Baru Komunikasi Pemasaran Kreatif

Perkembangan infrastruktur dan kemudahan dalam mendapatkan akses
internet dan perangkat pintar seperti smart phone maka membuka banyak peluang
bagi pelaku industri kreatif untuk dapat memanfaatkan media sosial sebagai media
memperkenalkan produk atau jasanya. Saat ini dapat banyak ditemui media sosial
sebagai sarana perkembangan perekonomian. Media sosial sebagai media baru
dapat memberi angin segar bagi Contoh nyata yang dapat dilihat adalah media
sosial Facebook yang dulu berfungsi sebagai situs pertemanan dan pertukaran
informasi, saat ini beralih fungsi sebagai lahan marketing bagi perusahaan kecil atau
menengah. Tidak hanya Facebook, media sosial lain seperti Instagram, Blog, X,
dan aplikasi marketplace kini menjadi jalur strategi komunikasi pemasaran yang
dapat langsung dapat diterima oleh pengguna internet. Tidak heran, aktifitas digital
yang sedang terjadi dipengaruhi oleh perkembangan teknologi yang semakin pesat
dan memudahkan manusia dalam melakukan berbagai hal.
Kehadiran media sosial dalam pemasaran era digital bisa dilihat dari dua
sisi, yakni sisi pengiklan dan sisi pengguna media sosial. Dari sisi pengiklan, media
sosial memberikan tawaran dengan konten yang beragam. Iklan tidak hanya bisa
diproduksi dalam bentuk teks, tetapi juga audio, visual, sampai audio visual.
Produksi iklan dan juga pemanfaatan media sosial juga cenderung membutuhkan
biaya yang lebih murah dan target terhadap calon konsumen juga bisa ditentukan
berdasarkan prosedur dari perangkat yang ada di media sosial (Nuriyanti, 2019)

Tidak ada komentar: