promosi dan strategi dalam penentuan sebuah harga yang dilakukan dengan
cara yang unik untuk menghasilkan transaksi sesuai dengan yang dikehendaki
suatu perusahaan. Menurut Kotler dan Keller (2012) yaitu: Bauran pemasaran
(marketing mix) adalah seperangkat alat pemasaran yang digunakan
perusahaan untuk terus menerus mencapai tujuan pemasarannya di pasar
sasaran.
Sedangkan menurut Chaffey (2016: 251) bauran pemasaran mencakup tujuh
hal yang dikendalikan oleh perusahaan yang meliputi produk (product), harga
(price), promosi (promotion), tempat (place), manusia (people), proses
(process), dan bukti fisik (physical evidence). Beberapa unsur dapat
dijelaskan.
Pertama yaitu Produk (Product) adalah segala sesuatu yang ditawarkan ke
pasar untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan. Produk yang ditawarkan
meliputi barang fisik, jasa, aktivitas, pengalaman, orang, tempat, organisasi,
dan gagasan. Jadi produk dalam bentuk manfaat tangible (langsung) dan
intangible (tidak langsung) yang dapat memuaskan pelanggan. Produk juga
merupakan keseluruhan konsep objek atau proses yang memberikan sejumlah
nilai kepada konsumen. Yang perlu diperhatikan dalam produk tersebut adalah
konsumen tidak hanya membeli secara fisik produk tetapi juga membeli
manfaat dan nilai produk yang disebut dengan “the offer”. Apalagi pada
produk jasa yang kita tahu tidak menyebabkan terjadinya perpindahan
kepemilikan dari penyedia jasa kepada konsumen.
Kedua yaitu harga (Price) yang berfokus pada implikasi harga di pasar
digital; model dan strategi penetapan harga baru. Harga atau (price) Pricing
adalah titik kritis dalam bauran pemasaran, karena harga menentukan "opini"
suatu bisnis. Selain itu, harga merupakan satu-satunya elemen bauran
pemasaran yaitu pendapatan penjualan. Sedangkan unsur lainnya hanya unsur
biaya. Keputusan penetapan harga juga sangat penting dalam menentukan
nilai atau manfaat yang diberikan kepada pelanggan dan berperan penting
dalam gambaran kualitas produk. Strategi penetapan harga sangat signifikan
dalam memberikan nilai kepada konsumen dan mempengaruhi citra produk,
serta keputusan konsumen untuk membeli. Penetapan harga juga terkait
dengan pendapatan dan juga memengaruhi penawaran atau saluran pemasaran.
Namun, yang paling penting adalah bahwa keputusan dalam penetapan harga
harus konsisten dengan strategi pemasaran secara keseluruhan.
Ketiga yaitu Tempat (place), mempertimbangkan implikasi distribusi
untuk pemasaran digital. Tempat (place) untuk tempat produk industri
didefinisikan sebagai saluran distribusi (saluran nol, saluran dua tingkat, dan
saluran multi tingkat), sedangkan untuk produk industri jasa, tempat
didefinisikan sebagai tempat pelayanan. Lokasi layanan yang digunakan
dalam menyediakan layanan kepada pelanggan yang dituju adalah kunci dari
keputusan tersebut. Keputusan tentang lokasi layanan mana yang akan
digunakan melibatkan pertimbangan bagaimana layanan diberikan kepada
pelanggan dan di mana layanan itu akan berlangsung. Tempat juga penting
sebagai lingkungan tempat dan bagaimana layanan akan diberikan, sebagai
bagian dari nilai dan manfaat layanan. Place in services merupakan gabungan
antara penentuan lokasi dan saluran distribusi, dalam hal ini berkaitan dengan
bagaimana cara menyampaikan pelayanan kepada konsumen dan dimana
lokasi strategis.
Keempat yaitu Promosi (Promotion), Intinya promosi adalah aktivitas
yang mengkomunikasikan keunggulan produk dan membujuk pelanggan
sasaran untuk membelinya. Hal yang perlu diperhatikan dalam promosi adalah
pemilihan bauran promosi. Bauran promosi tidak lain adalah berbagai metode
atau kegiatan promosi yang dilakukan untuk mempengaruhi pasar sasaran.
Kelima yaitu Orang (People), berkaitan dengan bagaimana staf perusahaan
berinteraksi dengan konsumen dan pemangku kepentingan selama komunikasi
penjualan dan sebelum dan sesudah penjualan.
Keenam yaitu proses (Process) ,membahas metode dan prosedur yang
digunakan oleh perusahaan untuk memperoleh keseluruhan fungsi pemasaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar