Pengambilan keputusan menjadi aspek paling penting dari kegiatan
manajemen. Pengambilan keputusan merupakan kegiatan yang sering dilakukan
dalam proses manajemen sehingga perlunya mengetahui apakah pengambilan
keputusan itu? Apa keputusan itu? Hingga apa saja tingkat klasifikasinya dan
berbagai jenisnya?
Pengertian keputusan pembelian menurut Schiffman dan Kanuk (2008);
(Gunawan & Susanti, n.d.), “Keputusan pembelian yaitu pemilihan dari dua atau
lebih alternatif pilihan keputusan pembelian, yang berarti bahwa seseorang bisa
membuat keputusan, tetapi harus tersedia beberapa alternatif pilihan untuk dipilih
salah satu diantaranya.”
Menurut Kottler dan Keller (2002:165); (Nasution et al., 2019),
“Keputusan pembelian konsumen merupakan tindakan individu secara langsung
ataupun tidak yang terlibat untuk memperoleh dan mempergunakan suatu produk
atau jasa yang di butuhkan. Keputusan pembelian tersebut dipengaruhi oleh harga,
produk, pelayanan dan lokasi.”
Sedangkan menurut Engel, Blackward dan Miniard; (Nasution et al.,
2019), “Faktor yang mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian
adalah pengaruh lingkungan, perbedaan sumber daya, pengaruh individual dan
factor psikologis. Pengaruh lingkungan meliputi factor budaya, factor kelas sosial,
factor pribadi, factor keluarga dan factor situasi. Perbedaan sumber daya yaitu
sumber daya ekonomi, temporal dan kognitif. Proses psikologis meliputi motivasi,
persepsi, pengetahuan serta kepercayaan.”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar