Menurut (Kotler & Keller, 2010) manajemen pemasaran merupakan rangkaian tindakan
pemikiran, penetapan, harga, promosi, dan menyalurkan ide untuk memperoleh
pertukaran yang memenuhi tujuan individu dalam suatu organisasi. Manajemen
pemasaran merupakan suatu perencanaan, pengendalian dan petunjuk dari seluruh
aktivitas pemasaran suatu perusahaan.
Manajemen pemasaran juga diartikan sebagai proses menganalisis, menerapkan,
mengkoordinasikan, dan mengendalikan program yang melibatkan konsepsi, penetapan
harga, promosi, dan distribusi produk jasa ide-ide yang dirancang untuk menciptakan
dan memelihara pertukaran yang menguntungkan dengan target pasar untuk mencapai
tujuan organisasi. Serta pengkajian terhadap cara didistribusikan nya produk pada
konsumen, cara tersebut biasanya menempuh beberapa target pasar mana yang akan
dijadikan penjajakan produk sebuah perusahaan guna mencapai apa yang dibutuhkan
oleh konsumen karena dalam manajemen pemasaran, sebuah organisasi/perusahaan
akan melihat pada keinginan dan kebutuhan masyarakat.
Dalam manajemen pemasaran sendiri kita pun perlu meninjau dan mengetahui lebih
lanjut terkait konsep pemasaran, konsep pemasaran sendiri merupakan bagian-bagian
terpenting dalam manajemen pemasaran yang tidak bisa dipisahkan antara pemasaran
dan manajemen pemasaran.
Menurut (Kotler & Keller, 2010) konsep pemasaran merupakan kunci dalam meraih
sebuah tujuan organisasi maupun perusahaan, sehingga konsep pemasaran tersebut
menjadi lebih efektif dalam menyampaikan atau mengkomunikasikan nilai pelanggan
kepada pasar yang telah menjadi sasaran produk. konsep pemasaran juga merupakan
suatu proses kegiatan yang dapat menyampaikan bahwa kepuasan akan kebutuhan
konsumen dijadikan sebagai syarat utama dalam keberlangsungan ekonomi dan sosial
dalam menunjang perusahaan maupun organisasi yang berkelanjutan dan bertahan
dalam persaingan.
Sejatinya konsep inti dari pemasaran meliputi produksi, keinginan, kebutuhan,
permintaan, nilai, kepuasan, utilitas, hubungan pasar dengan pemasaran dan pertukaran
transaksi. Namun dalam hal ini (Kotler & Keller, 2010) sendiri merumuskan pada
konsep pemasaran yang hanya meliputi konsep produksi, produk, penjualan, pemasaran
dan pemasaran holistik.
1) Konsep produksi
Pada dasarnya konsep dari pemasaran holistik ini berorientasi pada sebuah proses
produksi ataupun operasi, konsep ini menargetkan pada keyakinan pada barang
penjualan yang ditujukan pada murah dan mudahnya sebuah produk yang sampai ke
konsumen itu sendiri.
2) Konsep Produk
Konsep produk sendiri ini berkenaan dengan tentang kecenderungan konsumen dalam
memilih barang yang memiliki kualitas fitur daya tarik, sehingga hal ini dapat diminati
oleh konsumen.
3) Konsep Penjualan
Konsep penjualan sendiri lebih cenderung kepada tentang bagaimana seorang penjual
dapat mempengaruhi penjual agar barang jualannya dapat diminati dan dibeli.
4) konsep pemasaran
Konsep pemasaran sendiri ini berfokus pada pemenuhan dalam target menyediakan
kebutuhan dan memberikan keinginan yang kemudian disaring agar menciptakan
produk yang dibutuhkan dari hasil keinginan dengan demikian inipun mencakup pada
nilai kepuasan konsumen sendiri.
5) Konsep pemasaran holistik
Konsep ini sendiri lebih menekankan pada pendekatan sebuah penyedia barang/jasa
kepada konsumennya dalam kegiatan pemasaran, hal ini tentu saja mencari tahu lebih
jauh tentang keinginan, kebutuhan masyarakat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar