Dalam penelitian Rusman (2017:6), Maksum (2020:30) mengatakan
administrasi adalah bentuk kerjasama dari dua pihak atau lebih dalam rangka
mencapai tujuan yang diinginkan dan ditetapkan bersama. Secara umum
administrasi memiliki fungsi yang sudah dikenal sebagai POAC (Planning,
Organizing, Actuating, Controlling).
Masih pada penelitian Rusman (2017:6), Handayaningrat (2013)
mengemukakan, administrasi bisnis adalah kegiatan/proses/usaha yang dilakukan
di bidang bisnis dalam usaha untuk mencapai tujuan yaitu mencari keuntungan.
Sedangkan, Siagian (2010) berpendapat bahwa administrasi bisnis adalah
keseluruhan kegiatan mulai dari proses produksi barang atau jasa, sampai tibanya
barang dan jasa tersebut di tangan konsumen.
Menurut Kamaluddin (2017:40), terdapat beberapa unsur ilmu yang
digunakan di dalam ilmu administrasi bisnis, di antaranya adalah ilmu mengenai
organisasi, komunikasi, kepegawaian, keuangan, ketatausahaan, dan pemasaran.
Ilmu-ilmu ini kemudian berkembang dan bercabang lagi, seperti ilmu pemasaran
yang kini berkembang menjadi pemasaran digital (digital marketing), yang mana
merupakan topik yang akan dibahas dalam penelitian ini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar