Sabtu, 28 September 2024

Sales Promotion Tools


Terdapat 9 bentuk dari sales promotion tools, yakni
(Nathania, 2021):

  1. Samples
    Sampel adalah salah satu alat paling penting untuk promosi
    penjualan. Sampel didefinisikan sebagai penawaran kepada konsumen
    sejumlah kecil produk untuk uji coba. Sampel gratis diberikan kepada
    konsumen untuk membangkitkan minat mereka pada produk. Sampel
    membantu konsumen memverifikasi kualitas produk.
    Sampel dikirimkan kepada konsumen. Sampel ini juga dikirim
    melalui surat atau diberikan kepada pelanggan di toko eceran itu sendiri.
    Terkadang, sampel dilampirkan ke produk lain.
  2. Coupons
    Kupon adalah sertifikat yang memberi pembeli tabungan saat
    mereka membeli produk tertentu. Kupon biasanya dikeluarkan bersama
    dengan produknya. Mereka memberikan hak kepada pemegangnya
    untuk simpanan tertentu atas produk atau pengembalian uang tunai.
    Kupon digunakan untuk kenyamanan dari barang yang
    diperoleh konsumen. Mereka dapat didistribusikan dari pintu ke pintu,
    melalui surat atau mereka dapat dimasukkan ke dalam paket.
    Terkadang, kupon dapat menjadi bagian dari iklan majalah atau surat
    kabar.
  3. Demonstration
    Demonstrasi diperlukan jika produk bersifat kompleks dan
    bersifat teknis. Pelanggan dididik tentang cara menggunakan produk
    dengan benar. Demonstrasi produk mendorong pelanggan untuk
    membeli. Demonstrasi diberikan tanpa biaya.
  4. Contests
    Kontes adalah acara promosi yang memberikan kesempatan
    kepada konsumen untuk memenangkan sesuatu seperti uang tunai,
    perjalanan, atau barang. Kontes dilakukan untuk menarik pelanggan
    baru. Mereka memperkenalkan produk baru dengan meminta prospek
    menyebutkan alasan pembelian produk tersebut.
  5. Cash refund offer
    Penawaran pengembalian uang tunai adalah potongan harga
    yang diberikan dari harga produk. Ini adalah tawaran untuk
    mengembalikan sebagian dari harga pembelian suatu produk kepada
    konsumen yang mengirimkan bukti pembelian ke produsen. Selain itu,
    jika pembeli tidak puas dengan produk tersebut, seluruh harga atau
    sebagian akan dikembalikan. Penawaran pengembalian uang tunai
    tertera pada produk.
  6. Premium
    Premium mengacu pada barang yang ditawarkan secara gratis
    atau dengan biaya rendah sebagai insentif untuk membeli suatu produk.
    Premi mungkin ada di dalam paket, di luarnya, atau diterima melalui
    pos. Paket yang dapat digunakan kembali berfungsi sebagai premium.
    Premi likuiditas adalah jumlah tambahan yang ditawarkan
    dengan harga normal. Stempel perdagangan diberikan oleh penjual
    kepada konsumen. Ini dapat ditebus di pusat penebusan stamp.
  7. “Price off” offer
    Barang dijual dengan harga lebih murah selama periode
    penjualan cukup rendap. Dengan adanya penurunan harga maka dapat
    mendorong penjualan barang.
  8. Consumer sweepstakes
    Undian meminta konsumen untuk mengirimkan nama mereka
    untuk undian. Nama-nama konsumen termasuk dalam daftar pemenang
    hadiah kontes. Pengundian undian dan pemenang mendapatkan hadiah.
  9. Buy back allowances
    Tunjangan diberikan kepada pembeli atas dasar pembelian
    mereka sebelumnya. Dengan kata lain, tunjangan pembelian kembali
    diberikan untuk pembelian selanjutnya, berdasarkan jumlah barang
    yang dibeli sebelumnya.

Tidak ada komentar: