Terdapat 9 bentuk dari sales promotion tools, yakni
(Nathania, 2021):
- Samples
Sampel adalah salah satu alat paling penting untuk promosi
penjualan. Sampel didefinisikan sebagai penawaran kepada konsumen
sejumlah kecil produk untuk uji coba. Sampel gratis diberikan kepada
konsumen untuk membangkitkan minat mereka pada produk. Sampel
membantu konsumen memverifikasi kualitas produk.
Sampel dikirimkan kepada konsumen. Sampel ini juga dikirim
melalui surat atau diberikan kepada pelanggan di toko eceran itu sendiri.
Terkadang, sampel dilampirkan ke produk lain. - Coupons
Kupon adalah sertifikat yang memberi pembeli tabungan saat
mereka membeli produk tertentu. Kupon biasanya dikeluarkan bersama
dengan produknya. Mereka memberikan hak kepada pemegangnya
untuk simpanan tertentu atas produk atau pengembalian uang tunai.
Kupon digunakan untuk kenyamanan dari barang yang
diperoleh konsumen. Mereka dapat didistribusikan dari pintu ke pintu,
melalui surat atau mereka dapat dimasukkan ke dalam paket.
Terkadang, kupon dapat menjadi bagian dari iklan majalah atau surat
kabar. - Demonstration
Demonstrasi diperlukan jika produk bersifat kompleks dan
bersifat teknis. Pelanggan dididik tentang cara menggunakan produk
dengan benar. Demonstrasi produk mendorong pelanggan untuk
membeli. Demonstrasi diberikan tanpa biaya. - Contests
Kontes adalah acara promosi yang memberikan kesempatan
kepada konsumen untuk memenangkan sesuatu seperti uang tunai,
perjalanan, atau barang. Kontes dilakukan untuk menarik pelanggan
baru. Mereka memperkenalkan produk baru dengan meminta prospek
menyebutkan alasan pembelian produk tersebut. - Cash refund offer
Penawaran pengembalian uang tunai adalah potongan harga
yang diberikan dari harga produk. Ini adalah tawaran untuk
mengembalikan sebagian dari harga pembelian suatu produk kepada
konsumen yang mengirimkan bukti pembelian ke produsen. Selain itu,
jika pembeli tidak puas dengan produk tersebut, seluruh harga atau
sebagian akan dikembalikan. Penawaran pengembalian uang tunai
tertera pada produk. - Premium
Premium mengacu pada barang yang ditawarkan secara gratis
atau dengan biaya rendah sebagai insentif untuk membeli suatu produk.
Premi mungkin ada di dalam paket, di luarnya, atau diterima melalui
pos. Paket yang dapat digunakan kembali berfungsi sebagai premium.
Premi likuiditas adalah jumlah tambahan yang ditawarkan
dengan harga normal. Stempel perdagangan diberikan oleh penjual
kepada konsumen. Ini dapat ditebus di pusat penebusan stamp. - “Price off” offer
Barang dijual dengan harga lebih murah selama periode
penjualan cukup rendap. Dengan adanya penurunan harga maka dapat
mendorong penjualan barang. - Consumer sweepstakes
Undian meminta konsumen untuk mengirimkan nama mereka
untuk undian. Nama-nama konsumen termasuk dalam daftar pemenang
hadiah kontes. Pengundian undian dan pemenang mendapatkan hadiah. - Buy back allowances
Tunjangan diberikan kepada pembeli atas dasar pembelian
mereka sebelumnya. Dengan kata lain, tunjangan pembelian kembali
diberikan untuk pembelian selanjutnya, berdasarkan jumlah barang
yang dibeli sebelumnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar