Perkembangan media digital di masyarakat memang sangat besar, terutama
dalam penggunaan teknologi internet. Banyak macam dari media digital yang
kadang membuat pengaruh negatif, namun tak dapat disangkal bahwa new media
pun memberikan banyak kontribusi positif bagi masyarakat.
Media digital menjadi salah satu strategi yang paling banyak diterapkan
oleh berbagai perusahaan dalam melakukan promosi di era Revolusi Industri 4.0.
Ditambah lagi dengan fitur penunjang yang mumpuni akan membuat promosi
semakin efektif. Adapun 5 manfaat media digital yaitu: (Dewi Alshaf dan Mas,
2021: 11)
- Terhubung terhadap konsumen.dengan mudah
Konsumen.akan merasa dihargai bila.dilayani dengan baik dan cepat oleh
perusahaan. Begitu juga jika perusahaan mengeluarkan produk baru, bisa
melakukan promosi secara langsung kepada konsumen. Terlepas apakah
hubungan tersebut dibangun melalui, email, platform media sosial hingga
melalui nomor telepon yang digunakan konsumen tersebut. Di samping itu,
perusahaan juga bisa menerapakan strategi omnichannel yakni memadukan
digital marketing dengan cara konvensional. - Mampu melacak perilaku konsumen
Digital marketing juga mampu melacak perilaku konsumen, dari sinilah
bisa melihat apa yang sedang trending dan paling dibutuhkan oleh
konsumen. Untuk melacak bagaimana perilaku konsumen tersebut,
perusahaan bisa menggunakan fitur kecerdasan buatan atau Artificial
Intelligence (AI). Keberadaan AI ini memang memiliki kelebihan dalam
mengolah data konsumen dalam jumlah besar sehingga bisa menciptakan
tren pasar baru. - Memperluas pangsa pasar
Tujuan utama dari marketing adalah untuk memperluas pangsa pasar dan
pada akhirnya menyasar calon konsumen baru. Apabila konsumen ini
tertarik dengan produk yang ditawarkan, maka akan laku keras dan akan
menambah pendapatan bagi perusahaan. Strategi marketing cara lama atau
konvensional bisa saja menjangkau pangsa pasar tertentu. Akan lebih baik
lagi bila menggunakan digital marketing, baik itu melalui website
perusahaan, media sosial hingga melalui email marketing. - Menekan biaya marketing konvensional
Riset yang dilakukan oleh e-Marketer pada tahun 2016 lalu menunjukkan
bahwa biaya digital marketing melampaui jumlah iklan yang ada di televisi.
Memang, sebelumnya televisi dikenal sebagai media paling efektif untuk
melakukan promosi produk dari sebuah perusahaan. Di samping itu, ada
juga media lainnya seperti koran, majalah hingga reklame yang juga tidak
kalah efektifnya. - Semakin Kompetitif di Era Digital
Penggunaan media digital juga memberikan nilai tambah bagi perusahaan
tersebut. Salah satunya adalah perusahaan akan dipandang semakin
kompetitif dalam menghadapi era digital seperti saat ini. Dengan begitu citra
perusahaan pun semakin meningkat, bahkan bisa saja menjadi kunci
keberhasilan dalam melakukan kerjasama dengan perusahaan atau mitra
bisnis di masa mendatang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar