Disadur dari laman American Marketing Association, pemasaran atau
marketing merupakan suatu fungsi organisasi dan serangkaian proses untuk
menciptakan, mengomunikasikan, dan memberikan nilai kepada pelanggan.
Kemudian, menurut Kotler & Keller (2009:5), “pemasaran adalah sebuah proses
kemasyarakatan di mana individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka
butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan secara bebas
mempertukarkan produk dan jasa yang bernilai dengan orang lain”.
Lalu Ngatno (2018:9) menyatakan bahwa pemasaran ialah suatu proses
sosial dan manajerial dari individu dan kelompok untuk memenuhi kebutuhan dan
keinginannya melalui penciptaan, penawaran, dan pertukaran (nilai) produk
dengan pihak lain, hal ini juga diharapkan mampu memberikan kepuasan kepada
konsumennya. Sedangkan, Melati (2021:1) menyatakan bahwa pemasaran dalam
arti luas mencakup serangkaian kegiatan mengidentifikasi kebutuhan konsumen,
riset pemasaran, pengembangan produk, penetapan harga, pendistribusian, dan
promosi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar