Sabtu, 28 September 2024

Jenis Digital Marketing


Berkembangnya teknologi saat ini membuat kebanyakan orang
mengalihkan bisnisnya ke arah digital. Hal ini membuat jenis strategi
digital marketing menjadi beragam mengikuti pertumbuhan internet yang
semakin meningkat. Menurut Kurniawan (2019:8) mengenai berbagai
jenis digital marketing, sebagai berikut:
a. Website
Salah satu jenis periklanan digital yang paling umum adalah
situs website. Para pebisnis dapat menggunakan website ini untuk
mempresentasikan produk atau jasa mereka dan juga memasarkannya
secara lebih luas kepada pengguna internet. Selain itu, konsumen juga
dapat mencari dan melihat review berbagai produk atau jasa yang
akan dibeli atau digunakan.
Website itu sendiri dapat memberikan berbagai manfaat, seperti:
1) Menjadi media periklanan yang dapat dipanggil kapan saja
2) Memberikan informasi yang valid kepada pelanggan yang ingin
menanyakan tentang suatu produk atau jasa
3) Lebih hemat biaya pemasaran dan lebih efiesien.
b. Pemasaran Media Sosial
Media sosial kini banyak digunakan oleh sebagian orang. Melalui
media sosial, orang membangun hubungan atau menjalin komunikasi.
Namun tidak hanya itu, ternyata berbagai jenis media sosial juga bisa
dioptimalkan untuk digital marketing. Promosi atau penilaian untuk
suatu layanan atau produk sudah dapat dioptimalkan melalui berbagai
platform media sosial.
c. Pemasaran Mesin Pencari
Pemasaran digital ini membantu situs website muncul di halaman
depan mesin pencari. Tentu saja, pemasaran digital tidak bekerja
secara efisien jika hanya terbatas pada satu situs website perusahaan.
Dan ada dua kategori berikut:
1) Pemasaran mesin pencari
2) Optimasasi mesin pencari
d. Email Pemasaran
Tujuan dasar pemasaran email adalah untuk mempertahankan
pelanggan.
e. Video Pemasaran
Pemasaran video memungkinkan menampilkan konsep menarik
melalui iklan audio dan visual. Secara umum, pemasaran video ini
membutuhkan bantuan platform youtube untuk menarik konsumen.
f. Iklan Online
Jenis pemasaran digital ini hampir sama dengan periklanan melalui
internet dan membutuhkan biaya atau biaya. Namun, untuk dapat
menggunakan media periklanan online ini, harus menyediakan materi
iklan terlebih dahulu. Perkembangan saat ini menawarkan banyak
keuntungan dalam dunia bisnis

Tidak ada komentar: