Dalam penelitian Dhurup et al. (2014:4), Faris et al. (2010) menyatakan
bahwa terdapat dua tipe utama dari brand awareness, yaitu aided awareness dan
top of the mind awareness. Aided awareness terjadi ketika konsumen diberikan
sejumlah daftar merek dan mereka mampu untuk mengenai suatu merek dari
daftar yang diberikan. Sedangkan, top of the mind awareness terjadi ketika suatu
merek secara otomatis menjadi merek yang pertama kali disebutkan oleh
konsumen, ketika diminta untuk menyebutkan merek dalam suatu kategori
produk. Keller (2008) berpendapat, perilaku konsumen pada tahap top of the mind
awareness, dapat terjadi karena konsumen sudah familier dan mengenal merek
tersebut dengan baik.
Masih dari penelitian Dhurup et al. (2014:4), Liu et al. (2010)
menyebutkan bahwa brand awareness terdiri dari brand recognition, yang mana
merupakan kemampuan konsumen untuk mengkonfirmasi bahwa mereka telah
terekspos pada sebuah brand tertentu, dan brand recall, yang merefleksikan
kemampuan konsumen untuk menyebutkan suatu brand ketika diberikan suatu
kategori produk, maupun petunjuk lain seperti logo brand
Tidak ada komentar:
Posting Komentar