Kotler dan Keller (2009:546-547) menuliskan bahwa melakukan
perencanaan media harus mengetahui kapasitas dari tipe media iklan untuk
menghantarkan jangkauannya, frekuensi, dan dampak nya terhadap
konsumen. Perencana media harus mempertimbangkan beberapa variabel
sebelum memutuskan untuk memilih media apa yang akan digunakan nya
untuk melakukan kegiatan pemasaran seperti
- Kebiasaan media pelanggan sasaran Media yang paling sering
digunakan oleh pelanggan, termasuk media apa yang paling mudah
dijangkau calon pelanggan. - Karakteristik produk Tipe media yang memiliki fasilitas untuk
melakukan demonstrasi, memperlihatkan visualisasi secara jelas,
dapat memberikan penjelasan, mampu menumbuhkan kepercayaan,
dan mampu memperlihatkan warna maupun karakteristik produk. - Karakteristik pesan Kecepatan dan Ketepatan waktu dalam
menyampaikan konten informasi merupakan faktor penting yang
mempengaruhi pemilihan media. - Biaya Biaya yang perlu dikeluarkan untuk menggunakan media
tersebut tentunya harus sesuai dengan manfaat yang hendak dicapai.
Dari beberapa faktor yang menentukan pemilihan media pemasaran,
media yang paling tepat adalah dengan menggunakan media internet lewat
website dan social media, dengan pertimbangan pertumbuhan pengguna
internet yang semakin meningkat setiap tahunnya, media yang tepat sebagai
sarana promosi, kecepatan dalam penyebaran informasi, serta biaya yang
perlu dikeluarkan sangat murah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar