Sabtu, 28 September 2024

Penerapan Digital Marketing


Sebelum melalukan penerapan strategi Digital Marketing, perlu adanya
beberapa catatan yang harus diketahui, yaitu meliputi:

  1. Produk atau Jasa yang ditawarkan harus memiliki keunggulan dari sisi harga,
    sehingga konsumen punya ketertarikan dalam melakukan pembelian secara
    online
  2. Produk atau jasa di viralkan (share, like dan comment) atau direkomendasikan
    banyak orang, Hal ini bertujuan agar produk yang ditawarkan dapat menarik
    perhatian calon konsumen.
  3. Bagaimana membuat situs bisnis popular di hasil pencarian dan bagaimana
    membuat konten kita semenarik mungkin agar bisa mempengaruhi keputusan
    pembelian konsumen
  4. Pastikan platform digital yang akan digunakan terpercaya, cepat, mudah,
    proaktif, terintegrasi dan mampu membangun engagement yang tinggi.
  5. Optimasi mesin pencarian pemasaran di Media Social (Facebook, Intagram,
    Twitter dan Tiktok). Pembuatan konten, pemasaran melalui E-mail serta
    pengelolaan aset pemasaran.
    Selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah langkah dan taktik dalam
    pengimplementasian strategi digital marketing, ada beberapa hal yang harus
    diketahui yaitu meliputi:
  6. Tentukan Strategi Digital Marketing salah satunya dengan membuat
    Content Marketing, strategi ini dapat menghasilkan dan mendistribusikan
    konten yang mampu memikat target pasar dan mengonversi mereka menjadi
    pelanggan. Faktanya, pada strategi ini lebih hemat 62% daripada traditional
    marketing. Sedangkan leads yang datang bisa meningkat tiga kali lipat.
  7. Strategi Content Marketing dan pemilihan alat digital marketing yang tepat
    sehingga mudah mengjangkau berbagai audiens. Pasalnya, strategi ini cukup
    melimpah sehingga kita dapat menerapkannya ke berbagai bentuk, yaitu:
     Blog, yaitu jenis website yang berisi konten berupa artikel
     EBook, yaitu buku elektronik yang boleh audiens unduh melalui website
    atau platform lainnya
     Emal Marketing, yaitu upaya marketing yang focus pada komunikasi
    lewat Email
     Video Marketing, merupakan metode marketing yang memanfaatkan
    video pada platform online (Youtube, Tiktok, Reels IG)
     Social Media Marketing, yakni strategi marketing dengan memanfaatkan
    media sosial sebagai platform utamanya (Facebook, Instagram dan
    Twitter)
  8. Susun Marketing Plan yang sesuai, buatlah konten yang mampu
    memudahkan kita dalam mencapai tujuan bisnis secara efektif dan dalam
    jangka panjang, tetapi poin yang perlu diingat adalah pada setiap bentuk
    konten marketing membutuhkan pendekatan yang berbeda-beda.
  9. Terapkan Strategi Copywriting (Teknik membujuk pembaca untuk
    mengikuti perintah), pada strategi ini tindakan yang akan dilakukan audiens
    adalah sesuatu yang akan meningkatkan engagement dan memperbanyak
    leads sehingga dapat menaikkan tingkat penjualan produk. Jika sebuah
    konten dan strategi copywriting diterapkan secara bersamaan, strategi ini
    akan saling melengkapi dan membuat konten lebih powerful.
  10. Bangun dan optimasi chanel media sosial, hal ini untuk membangun citra
    dan kepercayaan audiens atau calon konsumen. Selain itu media sosial juga
    dapat sebagai alat untuk membangun komunikasi langsung dengan calon
    konsumen.
  11. Pahami Metrik Digital Marketing dan Evaluasi Strategi Digital Marketing,
    hal ini menjadi cukup penting mengingat selera pasar dan cara komunikasi
    masyarakat yang sering berubah. Ketika penguasaan ini kita miliki maka
    strategi marketing yang akan digunakan akan selalu tepat dan
    menguntungkan.

Tidak ada komentar: