Sebelum melalukan penerapan strategi Digital Marketing, perlu adanya
beberapa catatan yang harus diketahui, yaitu meliputi:
- Produk atau Jasa yang ditawarkan harus memiliki keunggulan dari sisi harga,
sehingga konsumen punya ketertarikan dalam melakukan pembelian secara
online - Produk atau jasa di viralkan (share, like dan comment) atau direkomendasikan
banyak orang, Hal ini bertujuan agar produk yang ditawarkan dapat menarik
perhatian calon konsumen. - Bagaimana membuat situs bisnis popular di hasil pencarian dan bagaimana
membuat konten kita semenarik mungkin agar bisa mempengaruhi keputusan
pembelian konsumen - Pastikan platform digital yang akan digunakan terpercaya, cepat, mudah,
proaktif, terintegrasi dan mampu membangun engagement yang tinggi. - Optimasi mesin pencarian pemasaran di Media Social (Facebook, Intagram,
Twitter dan Tiktok). Pembuatan konten, pemasaran melalui E-mail serta
pengelolaan aset pemasaran.
Selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah langkah dan taktik dalam
pengimplementasian strategi digital marketing, ada beberapa hal yang harus
diketahui yaitu meliputi: - Tentukan Strategi Digital Marketing salah satunya dengan membuat
Content Marketing, strategi ini dapat menghasilkan dan mendistribusikan
konten yang mampu memikat target pasar dan mengonversi mereka menjadi
pelanggan. Faktanya, pada strategi ini lebih hemat 62% daripada traditional
marketing. Sedangkan leads yang datang bisa meningkat tiga kali lipat. - Strategi Content Marketing dan pemilihan alat digital marketing yang tepat
sehingga mudah mengjangkau berbagai audiens. Pasalnya, strategi ini cukup
melimpah sehingga kita dapat menerapkannya ke berbagai bentuk, yaitu:
Blog, yaitu jenis website yang berisi konten berupa artikel
EBook, yaitu buku elektronik yang boleh audiens unduh melalui website
atau platform lainnya
Emal Marketing, yaitu upaya marketing yang focus pada komunikasi
lewat Email
Video Marketing, merupakan metode marketing yang memanfaatkan
video pada platform online (Youtube, Tiktok, Reels IG)
Social Media Marketing, yakni strategi marketing dengan memanfaatkan
media sosial sebagai platform utamanya (Facebook, Instagram dan
Twitter) - Susun Marketing Plan yang sesuai, buatlah konten yang mampu
memudahkan kita dalam mencapai tujuan bisnis secara efektif dan dalam
jangka panjang, tetapi poin yang perlu diingat adalah pada setiap bentuk
konten marketing membutuhkan pendekatan yang berbeda-beda. - Terapkan Strategi Copywriting (Teknik membujuk pembaca untuk
mengikuti perintah), pada strategi ini tindakan yang akan dilakukan audiens
adalah sesuatu yang akan meningkatkan engagement dan memperbanyak
leads sehingga dapat menaikkan tingkat penjualan produk. Jika sebuah
konten dan strategi copywriting diterapkan secara bersamaan, strategi ini
akan saling melengkapi dan membuat konten lebih powerful. - Bangun dan optimasi chanel media sosial, hal ini untuk membangun citra
dan kepercayaan audiens atau calon konsumen. Selain itu media sosial juga
dapat sebagai alat untuk membangun komunikasi langsung dengan calon
konsumen. - Pahami Metrik Digital Marketing dan Evaluasi Strategi Digital Marketing,
hal ini menjadi cukup penting mengingat selera pasar dan cara komunikasi
masyarakat yang sering berubah. Ketika penguasaan ini kita miliki maka
strategi marketing yang akan digunakan akan selalu tepat dan
menguntungkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar