Pemasaran adalah kegiatan perusahaan dalam menciptakan,
mengomunikasikan, menyediakan, dan mempertukarkan penawaran yang
bernilai kepada konsumen atau masyarakat. Sedangkan internet
merupakan media yang dibuat secara digital. Dalam kehidupan, di
internet sangat mudah untuk mencari informasi yang butuhkan, membeli
barang dan banyak hal lain yang dapat dilakukan melalui internet.
Sementara itu, internet telah menjadi media penting bagi perusahaan atau
pelaku bisnis untuk bertukar penawaran pemasaran digital, yang berarti
pemasaran melalui media digital untuk menawarkan merek milik
perusahaan.
Digital marketing merupakan kegiatan pemasaran yang
menggunakan platform di internet untuk menjangkau konsumen sasaran,
pemasaran digital juga didefinisikan sebagai pemasaran produk atau
layanan melalui internet atau disebut sebagai pemasaran, pemasaran
website, pemasaran online, e-marketing atau e-commerce.
Menurut Chaffey dan Chadwick (2016:11) menyatakan bahwa
“Pemasaran digital adalah penerapan internet dan teknologi digital terkait
dalam hubungannya dengan komunikasi tradisional untuk mencapai
tujuan pemasaran”. Ini pemasaran digital, yang berarti aplikasi berasal
dari website dan berkolaborasi menggunakan teknologi digital, di mana
mitra menggunakan komunikasi tradisional untuk mencapai tujuan
pemasaran. Hal ini dapat dicapai untuk meningkatkan pengetahuan
konsumen tentang profil, sikap, nilai dan tingkat loyalitas, dan kemudian
mengintegrasikan komunikasi yang ditargetkan dan layanan online sesuai
dengan kebutuhan masing-masing individu.
Menurut Eun Young Kim dalam Prabowo (2018:103) mennyatakan
bahwa “Digital marketing merupakan sistem pemasaran mendasar digital
yang mampu mencapai pasar lebih luas”.
Digital marketing juga bisa mengetahui reaksi konsumen terhadap
produk yang ditawarkan dengan melihat review atau komentar yang
diposting. Komunikasi yang baik dapat mempererat hubungan baik
dengan konsumen. Hal ini secara tidak langsung akan menjadi imbalan
tersendiri untuk mengkonsumsi karena mengkonsumsi terasa terpelihara.
Jika konsumsinya terpuaskan, maka makanan yang dikonsumsi akan
memiliki testimoni positif dan kemudian akan merekomendasikannya
kepada orang lain
Sementara itu, Kotler dan Armstrong (2018:34) menyatakan bahwa
“Digital Marketing dan media sosial melibatkan penggunaan alat
pemasaran digital seperti situs web, media sosial, iklan dan aplikasi
seluler, video online, email, blog, dan platform digital lainnya untuk
terlibat dengan konsumen di mana saja di dunia, kapan saja, di mana saja
melalui komputer, smartphone, tablet, televisi, dan perangkat digital
lainnya”.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar