Seperti yang sudah dikatakan Chaffey & Chadwick pada bukunya
yang berjudul Digital Marketing; Strategy, Implementation and Practice yang
menjelaskan bahwa saluran media digital terbagi menjadi enam yang salah
satunya merupakan social media marketing (Chaffey & Chadwick, 2016, p.
478). Dalam elemen ini terdapat dua konsep utama yakni viral marketing dan
e-WOM (electronic word of mouth). Influencer marketing merupakan salah
satu bentuk dari electronic word of mouth yang akan menjadi fokus dalam
penelitian ini.
Hsieh, Hsieh & Tang mengatakan bahwa Electronic word of mouth
mengacu pada testimoni dan komentar baik atau buruk yang dibuat oleh
konsumen mengenai suatu produk, layanan atau organisasi yang didiskusikan
secara terbuka melalui media online. Salah satu penerapan dari penggunaan e-
WOM adalah berkomunikasi melalui influencer yang dilakukan pada orang
yang sesuai dengan target market serta memiliki kredibilitas (Suki & Suki,
2019).
Dalam pengembangan strategi digital marketing terdapat berbagai jenis
media yang digunakan, selain itu digital marketing juga melibatkan
pemahaman yang kompleks. Ada tiga jenis saluran utama media dalam digital
marketing, yakni (Chaffey & Chadwick, 2016, p. 38):
- Paid Media
Merupakan media yang dibeli oleh perusahaan yang digunakan
untuk memperoleh paparan atau exposure sehingga dapat
menjangkau target market. Umumnya media ini merupakan
contoh dari penerapan iklan dari sebuah perusahaan. - Owned Media
Merupakan media yang dimiliki oleh perusahaan yang
diterbitkan dan dikelola sendiri oleh perusahaan. - Earned Media
Merupakan media yang publik miliki dan dengan sukarela
menjadi media yang menyebarkan atau membicarakan hal-hal
mengenai sebuah merek atau perusahaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar