Sabtu, 28 September 2024

Strategi Marketing Model Segmenting, Targeting, Positioning (STP)


Menurut Kotler (2012:292) ada tiga elemen dalam strategi pemasaran yaitu
segmenting, targeting, dan positioning.

  1. Segmenting adalah proses mengelompokkan pasar keseluruhan yang heterogen
    menjadi kelompok-kelompok atau segmen-segmen yang memiliki kesamaan
    dalam hal kebutuhan, keinginan, perilaku, dan respon terhadap program-program
    pemasaran spesifik.. Tujuan dari segmentasi pasar adalah untuk menghemat
    usaha-usaha pemasaran dengan menitik beratkan kepada pembeli yang berminat
    tinggi untuk membeli. Selain itu segmentasi dilakukan untuk menghubungkan
    antara kebutuhan dengan tindakan.
  2. Targeting diartikan sebagai kegiatan menentukan pasar sasaran, yaitu tindakan
    memilih satu atau lebih segmen untuk dilayani. Dengan memahami karakteristik,
    preferensi, dan kebutuhan dari segmen pasar yang dituju, targeting
    memungkinkan perusahaan untuk mengarahkan upaya pemasaran mereka secara
    lebih efisien dan efektif. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk
    mengidentifikasi dan menjangkau audiens yang tepat, memaksimalkan respon
    konsumen, serta meningkatkan keberhasilan kampanye pemasaran dengan cara
    yang lebih terarah. Dengan melakukan targeting yang tepat, perusahaan dapat
    memaksimalkan penggunaan sumber daya mereka, mengoptimalkan pesan
    pemasaran, dan menciptakan koneksi yang lebih erat dengan konsumen yang
    diharapkan.
  3. Positioning, yaitu bagaimana perusahaan menjelaskan posisi produk kepada
    konsumen, tentang keunggulan produk dan permbeda produk daripada merk yang
    lain. Dengan melakukan positioning yang tepat, perusahaan berupaya
    menciptakan identitas yang membedakan produk mereka dari yang lain,
    menekankan nilai uniknya, serta menonjolkan keunggulan yang membedakannya
    di pasar. Dengan demikian, positioning memungkinkan perusahaan untuk
    membentuk citra yang diinginkan di mata konsumen, memperkuat keunggulan
    kompetitifnya, serta mempengaruhi persepsi konsumen terhadap produk atau
    layanan tersebut

Tidak ada komentar: