Menurut Kotler (2012:292) ada tiga elemen dalam strategi pemasaran yaitu
segmenting, targeting, dan positioning.
- Segmenting adalah proses mengelompokkan pasar keseluruhan yang heterogen
menjadi kelompok-kelompok atau segmen-segmen yang memiliki kesamaan
dalam hal kebutuhan, keinginan, perilaku, dan respon terhadap program-program
pemasaran spesifik.. Tujuan dari segmentasi pasar adalah untuk menghemat
usaha-usaha pemasaran dengan menitik beratkan kepada pembeli yang berminat
tinggi untuk membeli. Selain itu segmentasi dilakukan untuk menghubungkan
antara kebutuhan dengan tindakan. - Targeting diartikan sebagai kegiatan menentukan pasar sasaran, yaitu tindakan
memilih satu atau lebih segmen untuk dilayani. Dengan memahami karakteristik,
preferensi, dan kebutuhan dari segmen pasar yang dituju, targeting
memungkinkan perusahaan untuk mengarahkan upaya pemasaran mereka secara
lebih efisien dan efektif. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk
mengidentifikasi dan menjangkau audiens yang tepat, memaksimalkan respon
konsumen, serta meningkatkan keberhasilan kampanye pemasaran dengan cara
yang lebih terarah. Dengan melakukan targeting yang tepat, perusahaan dapat
memaksimalkan penggunaan sumber daya mereka, mengoptimalkan pesan
pemasaran, dan menciptakan koneksi yang lebih erat dengan konsumen yang
diharapkan. - Positioning, yaitu bagaimana perusahaan menjelaskan posisi produk kepada
konsumen, tentang keunggulan produk dan permbeda produk daripada merk yang
lain. Dengan melakukan positioning yang tepat, perusahaan berupaya
menciptakan identitas yang membedakan produk mereka dari yang lain,
menekankan nilai uniknya, serta menonjolkan keunggulan yang membedakannya
di pasar. Dengan demikian, positioning memungkinkan perusahaan untuk
membentuk citra yang diinginkan di mata konsumen, memperkuat keunggulan
kompetitifnya, serta mempengaruhi persepsi konsumen terhadap produk atau
layanan tersebut
Tidak ada komentar:
Posting Komentar