Menurut
Suherman (2003: 7) Model pembelajaran dimaksudkan sebagai pola interaksi siswa
dengan guru di dalam kelas yang menyangkut strategi, pendekatan, metode, dan
teknik pembelajaran yang diterapkan dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar
di kelas.
Konsep
yang dikemukakan Suherman menjelaskan bahwa model pembelajaran adalah suatu
bentuk bagaimana interaksi yang tercipta antara guru dan siswa berhubungan
dengan strategi, pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran yang digunkan
dalam proses pembelajaran. Gijselaers ( 1996)
Pembelajaran
berbasis masalah diturunkan dari teori bahwa belajar adalah proses dimana
pembelajar secara aktif mengkontruksi pengetahuan. Konsep ini menjelaskan bahwa
belajar terjadi dari aksi siswa, dan pendidik hanya berperan dalam
memfasilitasi terjadinya aktivitas kontruksi pengetahuan oleh pembelajar.
Pendidik harus memusatkan perhatiannya untuk membantu siswa dalam mencapai
keterampilan self directed learning.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar