Kelebihan
Pembelajaran Berbasis Masalah dalam pemanfaatannya adalah sebagai berikut.
a. Mengembangkan
pemikiran kritis dan keterampilan kreatif
b. Meningkatkan
kemampuan memecahkan masalah
c. Meningkatkan
motivasi siswa dalam belajar
d. Membantu
siswa belajar untuk mentransfer pengetahuan dengan situasi baru
e. Dapat
mendorong siswa/mahasiswa mempunyai inisiatif untuk belajar secara mandiri
f. Mendorong
kreativitas siswa dalam pengungkapan penyelidikan masalah yang telah ia lakukan
g. Dengan
PBM akan terjadi pembelajaran bermakna.
h. Dalam
situasi PBM, siswa/mahasiswa mengintegrasikan pengetahuan dan ketrampilan
secara simultan dan mengaplikasikannya dalam konteks yang relevan.
i.
PBM dapat meningkatkan
kemampuan berpikir kritis, menumbuhkan inisiatif siswa/mahasiswa dalam bekerja,
motivasi internal untuk belajar, dan dapat mengembangkan hubungan interpersonal
dalam bekerja kelompok.
Kekurangan
Pembelajaran Berbasis Masalah dalam pemanfaatannya adalah sebagai berikut.
a. Kurang
terbiasanya peserta didik dan pengajar dengan metode ini. Peserta didik dan
pengajar masih terbawa kebiasaan metode konvensional, pemberian materi terjadi
secara satu arah.
b. Kurangnya
waktu pembelajaran. Proses PBM terkadang membutuhkan waktu yang lebih banyak.
Peserta didik terkadang memerlukan waktu untuk menghadapi persoalan yang
diberikan. Sementara, waktu pelaksanaan PBM harus disesuaikan dengan beban
kurikulum.
c. Menurut
Fincham et al. (1997), "PBI tidak
menghadirkan kurikulum baru tetapi lebih pada kurikulum yang sama melalui
metode pengajaran yang berbeda," (hal. 419).
d. Siswa
tidak dapat benar-benar tahu apa yang mungkin penting bagi mereka untuk
belajar, terutama di daerah yang mereka tidak memiliki pengalaman sebelumnya.
e. Seorang
guru mengadopsi pendekatan PBI
mungkin tidak dapat untuk menutup sebagai bahan sebanyak kursus kuliah berbasis
konvensional. PBI bisa sangat
menantang untuk melaksanakan, karena membutuhkan banyak perencanaan dan kerja
keras bagi guru. Ini bisa sulit pada awalnya bagi guru untuk "melepaskan
kontrol" dan menjadi fasilitator, mendorong siswa untuk mengajukan
pertanyaan yang tepat daripada menyerahkan mereka solusi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar