Rabu, 29 September 2021

Pengertian Lingkungan Kerja (skripsi dan tesis)


Menurut Sedarmayanti dalam Ika dan Heru (2017) lingkungan kerja
adalah keseluruhan alat perkakas dan bahan yang dihadapi, lingkungan
sekitarnya dimana seseorang bekerja, kerjanya serta pengaturan kerjanya
baik sebagai perseorangan atau kelompok. Menurut Kadarisman dalam
Bayu dan Sri (2017) lingkungan kerja adalah keseluruhan sarana dan
prasarana yang ada disekitar pegawai yang sedang melakukan pekerjaan
yang dapat memdeterminasii pelaksanaan pekerjaan itu sendiri.
Lingkungan kerja itu sendiri meliputi tempat bekerja, fasilitas dan alat
bantu pekerjaan, kebersihan, penerangan, ketenangan, termasuk juga
hubungan kerja antara orang-orang yang ada ditempat kerja.
Lingkungan kerja menurut Eki dkk (2017) adalah segala yang ada di
sekitar para pekerja yang dapat mempengaruhi dirinya dalam
menjalankan tugas-tugas yang di bebankan. Sedangkan menurut Silalahi
Lingkungan kerja adalah keseluruhan elemenelemen baik didalam
maupun diluar batas organisasi, baik yang berdampak secara langsung
maupun tidak langsung terhadap aktivitas manajerial untuk mencapai
tujuan organisasional. Perhatian terhadap lingkungan manajemen penting
karena tiap elemen lingkungan mempengaruhi baik langsung atau tidak
langsung terhadap kegiatan manajerial. Tetapi tidak semua lingkungan
sama dan tidak semua organisasi memiliki lingkungan yang sama,
sementara organisasi yang cukup tentang keadaan lingkungannya.
Mereka berbeda dalam hal karakteristik lingkungan, yaitu satu kondisi
dalam mana pengaruh keadaan lingkungan masa datang suatu organisasi
tidak secara akurat dinilai dan di prediksi.
Jadi berdasarkan beberapa definisi di atas, dapat disimpulkan bahwa
lingkungan kerja adalah keadaan tempat kerja secara fisik dan psikis
yang dapat mempengaruhi motivasi dan kinerja seseorang.

Tidak ada komentar: